Ular Berenang di Banjir, Pakar Reptil Imbau Warga Waspada Hanyutnya Hewan Liar

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 02 Jan 2020 09:04 WIB
Foto: 20detik
Jakarta - Pakar reptil dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, mengimbau warga yang tempat tinggalnya terendam banjir untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal ini disampaikan Amir, merespon video seekor ular berenang di tengah banjir.

"Kasus yang terjadi beberapa waktu lalu, pasca-tsunami Banten itu kan juga angka gigitan ular meningkat, karena memang mereka tersapu air," kata Amir ketika dihubungi detikcom, Rabu (1/1/2020) malam.


Amir menjelaskan kewaspadaan juga harus ditingkatkan mengingat fenomena munculnya ular kobra di Jakarta, Depok dan wilayah sekitarnya. Amir menuturkan baik piton maupun kobra memiliki daya adaptasi pada lingkungan manusia.

"Kemarin kan sudah ada outbreak anakan kobra, di mana musim penghujan pasti terjadi kenaikan populasi anakan karena musim menetas, dan kemungkinan saranngnya ada di perumahan, dan mereka memang ular-ular yang beradaptasi di lingkungan buatan manusia," ujar Amir.

"Piton juga demikian, bisa hidup mulai dr hutan primer, sekuner, perkebunan, di antara manusia. Kita harus waspada terhadap hewan-hewan yang kita nilai berbahaya dan bisa jadi terbawa arus. Meningkatkan kewaspadaan itu harus apalagi kita sudah ada outbreak (kobra) kaya gitu, " imbuh Amir.

Simak Video "Wow! Warga Depok Temukan Lele Jumbo Saat Banjir"


Selanjutnya
Halaman
1 2