ADVERTISEMENT

Tahun Baru 2020 Yuk Mulai Sering Bangun Pagi, Ini 7 Manfaatnya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 23:06 WIB
Ilustrasi biasa bangun pagi di tahun baru 2020 (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Tahun baru 2020 bisa coba rutin bangun pagi tiap hari. Secara teori mungkin bukan hal sulit, namun faktanya tidak mudah bangun pagi. Apalagi jika sehari sebelumnya harus bergelut dengan segala aktivitas dan kemacetan lalu lintas hingga malam hari.


Dikutip dari situs Develop Good Habits, ada 7 manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental. Mengawali bangun pagi mungkin tidak mudah, namun dengan rutinitas dan keinginan kuat maka bangun pukul lima pagi tanpa alarm bukan hal yang sulit.


1. Bisa olahraga

Mengawali hari di tahun baru 2020 dengan olahraga bisa membakar lebih banyak kalori saat melakukan aktivitas sehari-hari, serta meningkatkan kualitas tidur. Studi membuktikan, olahraga di pagi hari juga meningkatkan rasa bahagia dan kemampuan membuat keputusan tiap hari. Kebahagiaan berkaitan dengan produksi hormon endorfin yang mempengaruhi mood. Jika tak bisa olahraga di pagi hari, usahakan olahraga usai melakukan aktivitas sehari-hari.


2. Meningkatkan rasa percaya diri

Mereka yang bangun pagi punya lebih banyak kesempatan mempersiapkan diri sebelum beraktivitas. Persiapan ini berefek positif pada kesiapan mental dan emosional dibanding mereka yang datang telat tanpa persiapan. Persiapan juga memungkinkan aktivitas harian berjalan efektif dan efisien. Dalam jangka panjang, orang yang percaya diri punya sikap lebih positif, menunjukkan kemampuan memimpin, dan lebih bahagia.



3. Lebih menguntungkan untuk perkembangan diri

Bagi yang saat ini tengah meniti karir atau hendak membuka peluang lain, bangun pagi akan memberi banyak manfaat. Selama 1-2 jam yang tenang tanpa gangguan email masuk, telepon, atau meeting, bisa dimanfaatkan untuk mempertimbangkan kesempatan lain. Selanjutnya memikirkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut, sehingga kerja dan peluang lain bisa seimbang dan berdampak baik untuk perkembangan diri.



4. Menurunkan stres

Terbangun karena suara alarm berkali-kali bukan hal yang menyenangkan. Saat akhirnya terbangun, seluruh aktivitas harus dikerjakan sekaligus karena waktu yang terbatas. Akibatnya semua menjadi serba terburu-buru, mudah marah, asal ambil baju dan makan seadanya untuk menghindari telat. Belum sampai kantor, sederet kewajiban ini sudah mengakibatkan rasa lelah dan stres. Hal ini bisa dihindari dengan bangun pagi sehingga bisa menyiapkan diri lebih baik.



5. Meningkatkan kualitas tidur


Bangun pagi mengakibatkan tubuh lebih mudah lelah secara alami. Tubuh yang lelah lebih mudah tidur dengan jadwal yang bisa diatur dan sesuai prediksi, sehingga waktu istirahat menjadi lebih berkualitas. Dengan tubuh yang sudah terlatih bangun dan tidur sesuai jadwal, maka alarm tak lagi diperlukan dan bisa terbangun lebih segar dan bebas stres.

6. Lebih produktif

Tahun baru 2020 pastinya ingin lebih produktif lagi. Nah otak sebetulnya lebih produktif di pagi hari sehingga lebih mudah fokus pada berbagai hal. Mengerjakan sesuatu di pagi hari punya peluang berhasil yang lebih besar. Kemampuan berpikir rasional juga lebih baik di pagi hari yang berdampak pada ketepatan dalam membuat keputusan. Tentunya, otak yang lebih produktif bisa digunakan untuk memikirkan peluang lain.

7. Kesehatan mental yang lebih baik

Dengan istirahat yang lebih berkualitas, tidak stres, dan percaya diri yang lebih baik maka kesehatan mental yang punya jadwal tidur teratur menjadi lebih baik. Kesehatan mental membantu berpikir, membentuk, dan mempertahankan hubungan dengan lingkungan sekitar serta membuat keputusan. Manfaat lain kesehatan mental yang baik adalah mampu menahan tekanan (stres) dan memaksimalkan potensi diri. Pada akhirnya, bangun pagi dengan tidur yang cukup dan terjadwal memungkinkan hidup lebih sehat, bahagia, punya kepribadian stabil, dan kesehatan mental yang baik.

Menjadi harapan semua orang tahun baru 2020 akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Selamat tahun baru 2020.

(row/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT