Tahun Baru 2020 Yuk Mulai Sering Bangun Pagi, Ini 7 Manfaatnya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 23:06 WIB
Ilustrasi biasa bangun pagi di tahun baru 2020 (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Tahun baru 2020 bisa coba rutin bangun pagi tiap hari. Secara teori mungkin bukan hal sulit, namun faktanya tidak mudah bangun pagi. Apalagi jika sehari sebelumnya harus bergelut dengan segala aktivitas dan kemacetan lalu lintas hingga malam hari.


Dikutip dari situs Develop Good Habits, ada 7 manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental. Mengawali bangun pagi mungkin tidak mudah, namun dengan rutinitas dan keinginan kuat maka bangun pukul lima pagi tanpa alarm bukan hal yang sulit.


1. Bisa olahraga

Mengawali hari di tahun baru 2020 dengan olahraga bisa membakar lebih banyak kalori saat melakukan aktivitas sehari-hari, serta meningkatkan kualitas tidur. Studi membuktikan, olahraga di pagi hari juga meningkatkan rasa bahagia dan kemampuan membuat keputusan tiap hari. Kebahagiaan berkaitan dengan produksi hormon endorfin yang mempengaruhi mood. Jika tak bisa olahraga di pagi hari, usahakan olahraga usai melakukan aktivitas sehari-hari.


2. Meningkatkan rasa percaya diri

Mereka yang bangun pagi punya lebih banyak kesempatan mempersiapkan diri sebelum beraktivitas. Persiapan ini berefek positif pada kesiapan mental dan emosional dibanding mereka yang datang telat tanpa persiapan. Persiapan juga memungkinkan aktivitas harian berjalan efektif dan efisien. Dalam jangka panjang, orang yang percaya diri punya sikap lebih positif, menunjukkan kemampuan memimpin, dan lebih bahagia.



3. Lebih menguntungkan untuk perkembangan diri

Bagi yang saat ini tengah meniti karir atau hendak membuka peluang lain, bangun pagi akan memberi banyak manfaat. Selama 1-2 jam yang tenang tanpa gangguan email masuk, telepon, atau meeting, bisa dimanfaatkan untuk mempertimbangkan kesempatan lain. Selanjutnya memikirkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut, sehingga kerja dan peluang lain bisa seimbang dan berdampak baik untuk perkembangan diri.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2