Mensos Juliari: Natal Jadi Momen Pererat Persaudaraan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 14:36 WIB
Foto: Dok Kemensos
Jakarta -

Perayaan Natal Nasional 2019 telah berakhir, namun suasana masih terasa hangat sampai saat ini. Salah satunya karena tema Natal Nasional 2019, yakni 'Hendaklah Kamu Menjadi Sahabat Bagi Semua Orang' yang amat dekat dengan kehidupan berbangsa saat ini.

Menteri Sosial Juliari Batubara sekaligus Ketua Umum Natal Nasional 2019 menjelaskan tema ini digagas dan disepakati bersama oleh Persatuan Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Maknanya, umat Kristiani adalah sahabat bagi semua anak bangsa dan seluruh umat beragama.

"Natal harus menjadi momen mempererat persaudaraan dan persahabatan. Ini akan membuat kedamaian. Harapannya bisa membuat bangsa ini menjadi lebih maju," kata Juliari dalam keterangan tertulis, Rabu (1/1/2020).

Juliari juga mengingatkan agar tema Natal Nasional dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tema tersebut adalah ajakan kepada masyarakat untuk menjunjung tinggi gotong royong sehingga diharapkan dapat menciptakan kedamaian.

"Dan dari kedamaian itu juga, kita bisa bergotong royong membangun negara menjadi negara yang lebih maju. Marilah kita menjadi sahabat bagi semua orang, menyebarkan kasih kepada sesama dimana pun kita berada," katanya

Di sisi lain, ia menilai tahun ini Natal terasa spesial karena berlangsung setelah Pemilihan Umum 2019. Dalam perayaan Natal, umat Kristen juga mendoakan agar Presiden Joko Widodo sehat dan diberi kekuatan dalam menjalankan tugas kenegaraan dan memimpin bangsa.

Ketua Panitia Natal Nasional Bernard Nainggolan menambahkan, tema Natal Nasional 2019 amat relevan diangkat pada tahun ini. Bahkan punya pesan kuat kepada generasi muda.

"Anak muda harus memupuk rasa persahabatan agar bangsa ini makin damai dan sejahtera," ucap dia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo yang turut hadir dalam perayaan Natal Nasional (27/12/2019) juga berpesan agar masyarakat saling menghormati dan menghargai perbedaan di negara yang beraneka ragam suku, budaya, dan agama.

Natal kata Jokowi adalah momentum yang sangat indah merayakan persahabatan. Selain itu, perayaan ini juga sangat berharga untuk merawat persaudaraan serta kerukunan antara anak-anak bangsa.

"Perayaan Natal ini saya merasakan suasana kerukunan, persahabatan, dan persaudaraan, serta cinta kasih sebagai saudara sebangsa dan setanah air," ungkap Jokowi.


Simak Video "Sederet Menteri Jokowi Hadiri Open House Natal Mensos Juliari"

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)