Dampak Banjir, Sejumlah Kereta Beroperasi dengan Kecepatan Terbatas

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 01 Jan 2020 14:17 WIB
Foto: Ilustrasi kereta api (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta - Perjalanan Kereta Api di daerah operasi 1 sempat terganggu akibat banjir yang mengepung wilayah DKI Jakarta. Kereta Api Daop 1 sudah mulai beroperasi dengan kecepatan terbatas.

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api (KA) di sejumlah lintas yang terdampak cuaca buruk dan menyebabkan sejumlah prasarana jalur rel terimbas banjir," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Rabu (1/1/2020).

"Pukul 13.15 WIB genangan air yang sempat menganggu fungsi prasarana KA di wilayah Stasiun Tanah Abang telah surut. Stasiun Tanah Abang kembali berfungsi normal melayani perjalanan KA, baik dari arah Bogor, Jatinegara, Rangkasbitung/Serpong/Parung Panjang dan sebaliknya," sebut Eva.


Jalur Tambun-Bekasi yang sempat diberlakukan pembatasan kecepatan dampak genangan air juga sudah bisa dilintasi dengan kecepatan normal.

Berikut ini sejumlah titik jalur lintas KA di area Daop 1 Jakarta yang masih terimbas banjir:

1. KM 9+900 lintas antara Rawa Buaya-Batu Ceper, ketinggian air masih mencapai 19 cm di atas kop rel. Kondisi tersebut berdampak pada perjalanan KA Bandara dan KRL Relasi Tangerang-Duri, belum dapat dilalui kereta api. Sejumlah perjalanan KRL dan KA Bandara dibatalkan.

2. KM 17+4 lintas antara Pondok Ranji-Kebayoran masih tergenang air. Namun pada pukul 11.15 WIB jalur Hulu bisa dilalui dengan batas kecepatan 50/km. Sedangkan jalur hilir dilalui dengan kecepatan maksimal 40/km.

3. KM 41+5/6 Citayam-Bojong Gede Pada pukul 10.20 WIB kecepatan KA di lokasi tersebut dibatasi 40 km/jam dampak genangan air di sekitar jalur rel.


Atas kondisi sejumlah prasarana yang terdampak banjir tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, PT KAI Daop 1 melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi hingga pembatalan perjalanan. Sementara untuk keberangkatan KA jarak jauh baik dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir terdapat beberapa KA yang mengalami keterlambatan akibat genangan air di sejumlah titik jalur rel, di antaranya:

1. KA 306 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari)

2. KA 144 Gajahwong (Pasar Senen-Lempuyangan)

3. KA 56 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung)

4. KA 146 Fajar Utama Yogya (Pasar Senen - Yogyakarta)

5. KA 262 Tawang Jaya Premium (Pasar Senen-Semarang Tawang)

6. KA 136 Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi)

7. KA 4 Argo Bromo Angrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi)

8. KA 40 Argo Parahyangan (Gambit-Bandung)

9. KA 98F Taksaka Fakultatif (Gambir-Yogyakarta)

10. KA158 Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo)

"PT KAI Daop 1 tetap mengimbau agar para pengguna jasa KA jarak jauh dapat mengatur keberangkatannya lebih awal menuju stasiun agar tidak tertinggal kereta mengingat sejumlah ruas jalan raya juga terdapat titik banjir," ucap Eva. (gbr/idh)