Selamat Tahun Baru, Indonesia Timur!

Muslimin Abbas - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 22:15 WIB
Tahun baru 2020. (Foto: Dok. iStock)
Ambon - Wilayah timur Indonesia lebih dahulu memasuki tahun baru 2020. Perbedaan waktu di wilayah timur Indonesia dengan Ibu Kota Jakarta adalah 2 jam lebih cepat.

Wilayah yang masuk waktu Indonesia timur kini sudah memasuki tahun 2020. Daerah yang masuk zona waktu ini adalah Papua, Papua Barat, Maluku Utara, dan Maluku.

Kondisi perayaan tahun baru 2020 di Lapangan Merdeka Ambon.Kondisi perayaan tahun baru 2020 di Lapangan Merdeka Ambon. (Saiman/detikcom)


Perayaan tahun baru 2020 di Kota Ambon dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon. Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (1/1/2020), warga memadati Lapangan Merdeka sambil menyalakan kembang api.

Kembang api dengan berbagai warna tampak ramai beterbangan diiringi suara petasan di atas langit kota Ambon. Sebelum pergantian malam tahun 2020 para tokoh dari lintas agama berdoa di atas panggung.



Hadir juga dalam malam pergantian tahun Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno. Hadir pula Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Marga Taufiq dan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Dalam perayaan tahun baru 2020 ini, sebanyak 650 personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan di Timika, Mimika, Papua. Dari 650 personel itu, 40 orang merupakan pasukan Brimob NTT.

"Ada 650 personel, termasuk 40 personel Brimob bantuan dari NTT," Kata Kabag Ops Polres Mimika AKP Andyka Aer kepada wartawan, Selasa (31/12/2019).



Ratusan personel itu akan disiagakan di 6 titik di Timika, yakni di Jalan Cenderawasih, Jalan Budi Utomo, Jalan Yos Sudarso, Jalan Ahmad Yani, Jalan Hasanuddin, dan di pusat-pusat belanja. (zak/zak)