Mesin Waktu

'Hadiah' Tahun Baru, Aturan Pembatasan Emas di Amerika Serikat Dicabut

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 19:26 WIB
Foto: Ilustrasi koin emas (Istock)
Jakarta - Tepat tanggal ini, 45 tahun yang lalu aturan yang melarang kepemilikan emas secara pribadi di Amerika Serikat dianulir. Aturan yang dibuat Presiden Franklin Delano Roosevelt itu bertahan 41 tahun lamanya.

Presiden Roosevelt mengeluarkan larangan itu dengan alasan telah terjadi penimbunan emas dalam masa itu. Akibatnya pertumbuhan ekonomi terhambat dan membuat kondisi perekonomian AS yang sebelumnya dihantam resesi berkepanjangan semakin jatuh terpuruk.


Sebagai solusi maraknya penimbunan itu, Presiden Roosevelt meneken Executive Order 6102 pada 5 April 1933. Isi aturan itu setiap individu dan korporasi dilarang membeli koin emas, emas batangan, atau sertifikat emas.

Semua orang yang memiliki koin emas, emas batangan, dan sertifikat emas diharuskan untuk menukarkan emasnya dengan uang tunai ke Federal Reserve Bank. Pemerintah AS memberi tenggat penukaran itu sampai 1 Mei 1933

Aturan itu juga menyebut setiap 1 troy ounce (31,1 gram) emas yang ditukar dihargai USD 20,67 atau untuk saat ini menurut konversi Federal Reserve Bank of Minneapolis setara dengan USD 635 per troy ounce (sekitar USD 20 per gram).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3