Petugas Tutup Lalu Lintas Kawasan Monas-HI-Dukuh Atas dari Kendaraan

Yogi Ernes, Yoki Alvetro, Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 18:14 WIB
Foto: Kadek/detikcom
Jakarta - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan kepolisian mulai mensterilkan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat serta Medan Merdeka Selatan untuk persiapan kegiatan Malam Bebas Kendaraan Bermotor (MBKB) Perayaan Malam Tahun Baru.

Pantauan detikcom, pukul 17.40 WIB, petugas mulai memasang water barrier di beberapa titik, antara lain Pintu Silang Merdeka Barat Monas, Bundaran Hotel Indonesia, dan Dukuh Atas.

"Pukul 17.00 kami baru tutup akses untuk kendaraan yang masuk Monas, kendaraan yang keluar pukul 20.00 harus sudah selesai," jelas Kasat Lantas Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi kepada wartawan di Silang Barat Daya Monas, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019).

Situasi lalu lintas di sekitar Monas memang lengang saat ini. Hanya ada sedikit kendaraan, itu pun mengarah ke luar area parkir IRTI.

Berdasarkan informasi akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019). Pengalihan arus lalu lintas dilakukan di beberapa titik lokasi.

Berikut ini pengalihan arus lalu lintas:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Djuanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya diarahkan ke Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.
2. Arus lalu lintas dari Tugu Tani menuju ke Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Perwira.
3. Arus lalu lintas dari Tugu Tani Menuju ke Jalan Merdeka Selatan ditutup diluruskan ke arah Jalan Perwira.
4. Arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju Jalan Thamrin, Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Barat ditutup diarahkan Jalan Abdul Muis.
5. Arus lalu lintas dari Jalan Museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis.
6. Arus lalu lintas dari Jalan Galungung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke Tanah Abang. Demikian juga sebaliknya dari Tanah Abang diluruskan ke arah Manggarai atau Pasar Rumput.
7. Arus lalu lintas dari arah Kasablanka menuju Jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya.
8. Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari timur diarahkan ke Slipi/arah dari barat ke Pancoran.
9. Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.
10. Arus lalu lintas yang dari Jalan Asia Afrika menuju Bunderan Senayan diluruskan ke arah Jalan Hanglekir.
11. Arus lalu lintas yang dari Jalan Sisingamangaraja menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir.
12. Arus lalu lintas yang dari Jalan Pattimura menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Hanglekir/diarahkan ke kiri Jalan Sisingmangaraja.
13. Arus lalu lintas yang dari Jalan Senopati menuju Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Pattimura. (aud/aud)