Tingkatkan Pelayanan Penumpang Kapal, Pelabuhan Manado Berbenah

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 16:53 WIB
Foto: Ditjen Hubla
Jakarta - Pelabuhan di Indonesia terus berbenah dan menata diri agar dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para penumpang kapal. Sama halnya dengan kondisi terminal penumpang di Pelabuhan Manado yang saat ini sudah ditata dengan baik.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Manado Capt. Mozes Imanuel Karaeng menyebutkan, alur penumpang di terminal penumpang Pelabuhan Manado sudah dibenahi agar proses kedatangan dan keberangkatan penumpang kapal menjadi lebih tertib, aman dan nyaman.

"Pembenahan tersebut kami lakukan tak lain untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang, khususnya saat Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," ujar Capt Mozes dalam keterangan tertulis, Selasa (31/12/2019).


Pada periode Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, KSOP Kelas III Manado mencatat terjadi kenaikan jumlah penumpang dibanding hari-hari biasanya.

Misalnya saja pada Senin kemarin (30/12/2019) tercatat jumlah penumpang naik sebanyak 3.680 orang dan penumpang turun sebanyak 713 orang. Adapun total armada kapal yang melayani penumpang saat Angkutan Nataru 2020 sebanyak 20 unit kapal.

Mozes menambahkan, di Pelabuhan Manado telah diberlakukan area steril jadi hanya penumpang yang punya tiket yang bisa masuk ke area steril pelabuhan. Untuk wilayah steril di area dermaga 1, 2, dan 3, keluar masuknya penumpang sudah dapat dikontrol dengan melakukan pengaturan alur (flow).

"Namun demikian, karena ada kantor dan aktivitas lainnya di sekitar area tersebut sehingga belum dapat dikontrol sepenuhnya. Ke depan, kami akan terus melakukan perbaikan terhadap kekurangan yang ada sehingga dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat," imbuhnya.


Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Umiyatun Hayati Triastuti berkesempatan melakukan monitoring kesiapan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 berdasarkan IM Nomor 9 tahun 2019 beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, Hayati memberikan arahan kepada jajaran KSOP Manado untuk meningkatkan ketertiban penumpang dengan melakukan pembenahan khususnya di area terminal penumpang. Ia juga menegaskan pentingnya keselamatan pelayaran sehingga diperlukan kesadaran dari seluruh pihak untuk dapat bersama-sama mewujudkan keselamatan pelayaran. (akn/ega)