Usai Roboh 3 Tahun Lalu, JPO Pasar Minggu Sudah Bisa Digunakan Lagi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 16:12 WIB
JPO Pasar Minggu (Foto: Istimewa)
Jakarta - Jembatan penyeberangan orang (JPO) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang sempat roboh pada 2016, telah selesai dibangun kembali. Kini JPO itu sudah bisa digunakan kembali oleh warga.

"Ini soft opening JPO Pasar Minggu, agar bisa digunakan oleh masyarakat. Nanti grand opening-nya oleh Pak Gubernur. Sambil tunggu lift operasional," ucap Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada wartawan, Selasa (31/12/2019).

Diketahui, JPO Pasar Minggu roboh pada 24 September 2016. Ada empat orang tewas dalam kejadian tersebut.

Kembali ke Hari, dia mengatakan revitalisasi JPO digunakan untuk meningkatkan kenyamanan warga. Menurutnya, JPO yang baru bakal ramah bagi ibu hamil, lansia, hingga penyandang disabilitas.


"Kegiatan revitalisasi dilakukan guna meningkatkan kenyamanan bagi para pejalan kaki dan pengguna busway untuk dapat menyeberang dengan aman, termasuk bagi penyandang disabilitas, wanita hamil, dan lanjut usia," ucap Hari.

Dia juga menyebut JPO pasar minggu mengusung tema Betawi. Hari mengatakan hal itu sesuai dengan kondisi penduduk di sekitar Pasar Minggu.


"JPO Pasar Minggu mengusung tema Betawi yang lekat dengan kondisi penduduk sekitar Pasar Minggu," ucap Hari.

Selain JPO Pasar Minggu, Hari menyebut, JPO Jembatan Gantung, Jalan Daan Mogot, sudah siap digunakan masyarakat. JPO Jembatan Gantung itu rusak setelah berulang kali ditabrak oleh truk.

"JPO Jembatan Gantung mengusung tema 'Air,' karena dekat dengan Cengkareng Drain, dan Banjir Kanal Barat," kata Hari. (aik/haf)