Ada Dokumen Pelengseran, Buku Menjerat Gus Dur Ludes Begitu Diluncurkan

Erwin Dariyanto - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 15:58 WIB
Buku 'Menjerat Gus Dur' terbit tepat saat haul ke-10 Gus Dur. (Edy Wahyono/detikcom)
Jakarta - Sebuah buku berjudul 'Menjerat Gus Dur' terbit tepat satu dekade setelah KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur wafat. Buku karya Virdika Rizky Utama itu diterbitkan dan dipasarkan oleh NU Online.



Pre-order tahap pertama berlangsung pada 9-19 Desember. NU Online mencetak 5.000 eksemplar dan langsung ludes terjual. "Sold out (terjual habis)," kata Wakil Direktur NU Online Syaifullah Amin kepada detikcom, Selasa (31/12/2019).

Salah satu bagian yang ramai dibahas dalam buku itu adalah sejumlah dokumen yang dilampirkan. Sejumlah dokumen yang dilampirkan menyebut adanya skenario pelengseran Gus Dur oleh sejumlah tokoh.

Syaifullah Amin mengatakan NU Online hanya sebagai penerbit buku itu. Sedangkan tanggung jawab dan isi sepenuhnya ada di tangan penulis, yang kebetulan juga warga nahdliyin.



Terkait kebenaran isi buku 'Menjerat Gus Dur', pria yang juga Wakil Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU itu mengatakan bisa dimintakan konfirmasi lagi kepada pihak yang disebut dalam dokumen. Sebab, narasumber yang disebut dalam dokumen di buku itu masih hidup semua.

"Bisa ditelusuri, bisa ditanya ke mereka. Seandainya isinya benar apakah mereka menyesal," kata Syaifullah.

Menurut Syaifullah, peluncuran buku tersebut juga tidak disengaja dilakukan bertepatan dengan haul ke-10 Gus Dur. NU Online tak terlibat sama sekali terkait proses produksi isinya.
(erd/nwy)