Penumpang Liburan Tahun Baru ke Sabang Melonjak, Jadwal Kapal Ditambah

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 15:42 WIB
Suasana di Pelabuhan ke Sabang, Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh - Penumpang kapal yang berlibur ke Sabang, Aceh, meningkat menjelang malam tahun baru 2020. Pihak pelabuhan menambah jadwal kapal untuk mengantisipasi penumpukan penumpang.

"Sehubungan adanya antrean kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, KMP. BRR hari ini akan menambah trip pada pukul 18.30 WIB khusus dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh," kata Kepala Subbagian Tata Usaha Pelabuhan Ulee Lheue Said Syahrul kepada wartawan, Selasa (31/12/2019).


Kapal lambat KMP BRR dalam beberapa hari ini sudah menambah jadwal pelayaran dari tiga trip menjadi empat trip. Namun, khusus hari ini, kapal tersebut bakal berlayar sebanyak lima trip.

Sementara kapal cepat tetap berlayar sebanyak empat trip selama libur tahun baru. Menurut Said, lonjakan penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue sudah terjadi sejak 21 Desember.

"Kalau kita bandingkan hari biasa itu ada sekitar 30 sampai 50 persen peningkatan penumpang. Kita perkirakan lonjakan penumpang ini sampai 5 Januari mendatang," jelas Said.


Selama ini semua penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Nol Kilometer Indonesia terangkut semua, termasuk kendaraan. Pihak pelabuhan sudah mengantisipasi penumpukan penumpang dengan menambah trip kapal dari hari biasa sebanyak tiga trip.

"Penumpang yang menyeberang ke Sabang itu domestik maupun mancanegara. Untuk sekarang cuaca bagus dan tidak mengganggu pelayaran," bebernya.

Simak Video "Kuy, Liburan Tahun Baru Gratis di Mini Agrowisata Surabaya!"

[Gambas:Video 20detik]

(agse/haf)