Pesta Kembang Api di Bekasi Digelar di 5 Titik, Polisi Siapkan Pengamanan

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 30 Des 2019 22:00 WIB
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Pesta kembang api akan menyemarakkan pergantian tahun di Kota Bekasi. Pesta kembang api tersebut digelar di 5 titik.

"Ada yang sudah resmi mengajukan untuk kegiatan kembang api ada lima lokasi, di Giant (Mega Bekasi Hypermall), Summarecon Mall Bekasi, Harapan Indah, Lagoon (Avenue Bekasi), dan (Mal) Pondok Gede," ujar Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana di kantornya, Jalan Pramuka, Kota Bekasi, Senin (30/12/2019).

Selain 5 titik pesta kembang api, Eka mengatakan massa akan terpecah di 4 titik lain. Yakni di Jalan Alternatif Cibubur, Jalan Ahmas Yani, Kranji (Jalan Agus Salim), dan Galaxy.

Sebanyak 475 polisi disiagakan untuk mengamankan malam tahun baru di Bekasi. "Total 1140 (bersama petugas gabungan) yang dilibatkan," kata Eka.

Polisi juga akan mengamankan ibadah misa akhir tahun umat Nasrani di 150 titik. Ibadah akan dilaksanakan mulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB.




"(Ada pula) gereja yang melaksanakan misa akhir tahun sampai jam 12 (malam), yaitu Gereja Bethel Indonesia," tuturnya.

Polisi akan melakukan patroli saat malam pergantian tahun, baik di titik pesta kembang api, titik perkiraan masa berkumpul, maupun di tempat-tempat ibadah. Polisi akan berjaga hingga massa membubarkan diri.

Massa diperkirakan akan berkumpul di Jalan Ahmad Yani. Polisi bekerja sama dengan Dishub Kota Bekasi juga akan bersiaga di Jalan Ahmad Yani. Diketahui, jalan ini menjadi tempat favorit masyarakat Bekasi untuk berkumpul setiap malam pergantian tahun.

Meski begitu, Pemkot Bekasi tidak akan mengadakan car free night pada malam pergantian tahun. Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyebut peniadaan car free night dalam rangka guna memakmurkan tempat-tempat ibadah.

"Tidak ada, kita lagi konsentrasi supaya (Masjid) Al-Barkah menjadi lebih makmur," ujar Tri di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (30/12).


Halaman

(isa/mea)