Harga Psikotes Saat Bikin SIM di Pekanbaru Rp 100 Ribu Dikeluhkan Warga

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 30 Des 2019 15:18 WIB
Foto: Biaya pembuatan tes psikotes untuk membuat SIM di Pekanbaru (Dok warga-detikcom)
Pekanbaru - Warga yang ingin membuat SIM di Pekanbaru, Riau kini ada dana tambahan untuk melakukan tes psikotes. Dana untuk tes psikotes yang ditetapkan Polda Riau Rp 100 ribu.

Di Pekanbaru, pengurusan pembuatan SIM dilakukan di salah satu kawasan yang berada di Kecamatan Rumbai Pesisir. Biasanya mengurus SIM C, misalnya harganya hanya Rp 135 ribu. Itu sudah termasuk biaya uji kesehatan. Kini ada penerapan ujian psikologi untuk mendapatkan SIM. Harga yang ditetapkan Polda Riau sekali ujian Rp 100 ribu.

"Kita ujiannya psikologinya manual dikasi lembaran dan kita disuruh menjawab. Sekali ujian ada 15 orang, paling waktunya sekitaran 10 menit sampai 15 menit. Bayarnya Rp 100 ribu," ujar salah seorang pemohon SIM, Nandang, saat ditemui di lokasi, Senin (30/12/2019).



Warga mempertanyakan dasar penetapan harga Rp 100 ribu. Pasalnya, untuk tes kesehatan, pembuat SIM hanya perlu membayar Rp 35 ribu.

"Ujian tes kesehatan saja harganya cuma Rp 35 ribu. Kenapa ujian psikolog ini harga mencapai Rp 100 ribu," protes warga.

Selanjutnya
Halaman
1 2