Menhub Usul Pembatasan Jumlah Kendaraan Masuk Tol Layang Cikampek

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 30 Des 2019 15:05 WIB
Foto: Menhub Budi Karya cek kesiapan jalur libur tahun baru (Lisye-detikcom)
Purwakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan jalur untuk transportasi warga pada masa libur tahun baru 2020 di Posko Terpadu Cikopo, Jawa Barat. Budi menyoroti keberadaan Tol Layang Jakarta-Cikampek dan meminta pembatasan kendaraan yang masuk ke tol layang.

Budi dan rombongan disambut Kepala Bagian Operasi (KBO) Ditlantas Polda Jabar, AKBP Asep Pujiono di Posko Terpadu Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (30/12/2019). Budi lalu mendengarkan pemaparan dari Asep terkait kondisi lalu lintas di Jawa Barat sebelum malam tahun baru 2020.

Setelah itu, Budi mengatakan jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek masih menjadi perhatiannya. Menurutnya, banyak warga yang ingin menggunakan tol tersebut sehingga menimbulkan kepadatan lalu lintas.

"Kita memang lihat tol layang ini tetap jadi suatu perhatian. Karena pasti mereka yang kembali ingin cepat dan ingin menggunakan tol layang lagi. Kemarin kita sudah punya pengalaman atas tol layang itu," ujar Budi.



Budi meminta warga membatasi kecepatan saat berkendara. Selain itu, dia meminta kepada PT Jasa Marga untuk membatasi jumlah kendaraan yang masuk.

"Pertama, saya pikir membatasi kecepatan itu menjadi relevan. Juga membatasi jumlah, jadi Jasa Marga harus membatasi. Tidak boleh seperti kemarin, tidak ada pembatasan sehingga terlalu banyak yang masuk," ujarnya.

Dia juga mengingatkan warga untuk mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan sebelum melintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek. Dia menyebut pihaknya tetap memberi masukan untuk pelayanan di ruas tol layang.



"Karena segala sesuatu itu mesti juga dipersiapkan tentunya apakah itu kesehatan, di atas tetap kita sediakan. Kita juga memberikan masukan apa saja yang harus dilakukan terutama di tempat naik dan tempat turun, tempat istirahat dan sebagainya harus disiapkan," tutur Budi.

Selanjutnya, Budi meninjau pos kesehatan Posko Terpadu Cikopo itu. Budi kemudian mendengarkan penjelasan dari pertugas kesehatan tentang kesiapan mereka jelang tahun baru.

Pada kesempatan itu, Budi juga memberikan santunan kepada anak yatim. Dia juga memberikan bingkisan kepada petugas kepolisian, tim SAR serta petugas kesehatan yang berjaga di posko sebagai bentuk apresiasi.



Tonton juga video Cegah Macet, Menhub Batasi Kendaraan di Tol Layang Japek:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/haf)