KALEIDOSKOP 2019

BJ Habibie, Maimun Zubair, dan Tokoh Islam yang Meninggal Dunia di 2019

Tasya Awlia - detikNews
Senin, 30 Des 2019 14:34 WIB
Pemakaman BJ Habibie (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Sepanjang 2019, Indonesia diselimuti duka. Sejumlah tokoh Islam baik yang berkiprah di dunia politik, nasional dan agama meninggal dunia. Mereka antara lain BJ Habibie, Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Moen hingga Ustaz Arifin Ilham berpulang ke Haribaan Ilahi.

Berikut ini sejumlah tokoh Islam yang meninggal dunia di 2019:



1. Ustaz Arifin Ilham

KH Arifin Ilham, Pengasuh Pondok Pesantren Az-Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat ini meninggal dunia pada 22 Mei 2019 di Malaysia. Sebelum berpulang Arifin Ilham divonis menderita penyakit kanker sehingga beberapa kali harus dirawat, dan menjalani pengobatan di Malaysia.


2. BJ Habibie


Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 Indonesia itu meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada 11 September 2019 dalam usia 83 tahun. Habibie menjadi Presiden menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri karena desakan mahasiswa.


Sebelum menjadi Wakil Presiden lalu Presiden, Habibie menjabat sebagai Menteri Riset dan Tekhnologi Kepala BPPT. Dia merupakan tokoh yang mengembangkan industri penerbangan tanah air melalui PT Dirgantara Indonesia.


Habibie juga pernah menjadi Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).



3. Maimun Zubair atau Mbah Moen


Kiai karismatik KH Maimun Zubair atau yang lebih dikenal dengan Mbah Moen meninggal dunia di Mekah pada 6 Agustus 2019. Sesuai permintaan Almarhum, Mbah Moen dimakamkan di Mekah.

Mbah Moen adalah pengasuh Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Kiai kelahiran, 28 Oktober 1928 itu juga merupakan ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan. Mbah Moen juga merupakan Mustasyar di PB Nahdatul Ulama.

BJ Habibie, Maimun Zubair, dan Tokoh Islam yang Meninggal Dunia di 2019Karangan bunga saat Mbah Moen wafat (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)




4. Bahtiar Effendy

Bahtiar Effendy menghembuskan nafas terakhir pada, 21 November 2019 di RSIJ Cempaka Putih di umur 60 tahun. Bahtiar merupakan cendikiawan Muslim Indonesia, dan Ketua PP Muhammadiyah.


5. Sulastomo

Sulastomo yang merupakan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), meninggal dunia pada 13 Desember 2019 di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta. Dia pernah menjabat Ketua Koordinator Pemuda, Sekretaris Bersama Golkar (1963-1966), dan Sekretaris Jenderal Partai Muslimin Indonesia (1970-1974).


Sulastomo merupakan Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) yang pertama dan menjabat selama dua periode. sejak IPHI berdiri tahun 1990.


6. Gus Hilman


Gus Hilman Wajdi, Putra KH Hasyim Muzadi yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam Malang, Jawa Timur ini meninggal dunia pada 18 Desember 2019. Dia merupakan lulusan Pondok Pesantren Gontor tahun 1996. Gus Hilman dikenal sebagai sosok yang sangat baik dan juga low profile.

Gus Hilman lahir pada 25 Maret 1976. Beliau meninggalkan satu orang istri, Naila Izzah dan empat orang anak yakni Alfa Alma Tsuroya, M Zidan Abid Fanani, Alby Achmad dan Alana.


BJ Habibie, KH Maimoen Zubair, Ustaz Arifin Ilmah, Gus Hilman, Bahtiar Effendy, dan Sulastomo merupakan tokoh Islam di Indonesia yang mempunyai pengaruh bagi bangsa Indonesia. Kepergian mereka meninggalkan duka bagi bangsa.



(lus/erd)