Polda Kepri Sidak Pasar, Cek Ketersediaan Sembako Jelang Tahun Baru

Agus Siswanto Siagian - detikNews
Senin, 30 Des 2019 12:08 WIB
Foto: Polda Kepri cek sembako ke pasar di Batam (dok.Polda Kepri)
Batam - Tim Satgas Pangan Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau (Kepri) bersama dengan Disperindag Pemkot Batam melakukan sidak ke sejumlah pasar. Hal ini dilakukan untuk mengecek ketersediaan sembako menjelang akhir tahun 2019.

Kapolda Kepri Irjen Andap Budi Revianto mengatakan, sidak dilakukan untuk mengecek ketersediaan pangan dan bahan bakar minyak (BBM) di Kepulauan Riau. Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk memastikan tidak ada spekulan yang memainkan harga-harga di pasar.

"Provinsi Kepri bukan penghasil bahan pokok, sehingga jangan sampai terhambat dalam pendistribusian karena terkendala permasalahan seperti transportasi dan lainnya," ujar Irjen Andap Budi Revianto dalam keterangannya kepada detikcom, Senin (30/12/2019).

Inspeksi mendadak yang langsung dipimpin Direktur Reskrimsus Polda Kepri Kombes Hanny Hidayat, di Pasar Botania 1 Batam, pada Minggu (29/12/2019). Dalam kegiatan itu, Hanny mengecek beberapa toko yang menjual sembako.




"Sebelum Hari Natal, tim Satgas Pangan langsung bergerak cepat melihat langsung kesiapan pangan dan kualitas, dari jajaran Ditreskrimsus Polda Kepri melakukan sidak guna mengantisipasi lonjakan harga barang, mengingat di Kepri banyak pulau-pulau perbatasan," ujar Kombes Hanny Hidayat.

Hanny menambahkan untuk bahan pokok ada 3 subsistem yang menjadi perhatian yaitu, ketersediaan, pendistribusian dan konsumsi. Dari pantauannya sampai hari ini, semuanya tidak mengalami masalah.

"Untuk bahan pokok kebutuhan harian, harus tiba waktunya dengan tepat, jangan sampai busuk atau tak layak untuk di konsumsi,"jelasnya.

Sasaran sidak pasar dilaksanakan di Pasar Botania-1 Batam, untuk mengecek harga sembako dan makanan kadaluarsa. Dari hasil sidak tim pangan hari ini masih ada pedagang yang berbuat curang dengan menaikan harga.

Hanny menambahkan ada beberapa kendala yang dihadapi tim satgas pangan dalam mengakomodir memenuhi kebutuhan di Provinsi Kepri, mengingat provinsi bukan penghasil bahan pokok, sehingga menunggu masuk dari daerah luar seperti pulau Jawa dan pulau Sumatera.





Polda Metro Jaya Imbau Masyarakat Tidak Konvoi Tahun Baru!:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(mei/mei)