Sembunyi di Balik Lemari, Seekor Ular Kobra di Jambi Diamankan

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 29 Des 2019 19:20 WIB
Petugas evakuasi ular kobra di Jambi (Foto: Dok. Istimewa)
Jambi - Seekor ular kobra di Jambi diamankan petugas. Saat diamankan, kobra tengah bersembunyi di balik lemari pakaian warga.

"Ular kobra nya sudah berhasil kami evakuasi, ular itu kita evakuasi di balik lemari pakaian kecil warga. Sepertinya ular itu masuk ke dalam rumah lalu bersembunyi di sana. Kami menduga tempat itu akan dijadikan sarangnya karena terbilang cukup nyaman bagi ular,'' ujar Kepala Bidang Operasional Pemadam dan Penyelamat Kota Jambi, Rinno kepada detikcom, Minggu (29/12/2019).

Kobra yang dikenal sebagai ular berbisa dan mematikan itu sering kali masuk ke dalam rumah warga lantaran kondisi cuaca yang memasuki musim penghujan. Sarang-sarang kobra yang banyak rusak akibat hujan bisa menjadi penyebab ular mencari tempat yang nyaman untuk mereka berlindung.


"Salah satu penyebab ular kobra masuk ke dalam rumah itu ya karena sarangnya kini banyak yang rusak akibat kondisi cuaca yang sering hujan. Jadi ular itu mencari tempat yang nyaman buat mereka berlindung. Apalagi di musim penghujan ini memang musim berkembangbiaknya ular,'' ujar Rinno.


Dikatakan Rinno kembali, selain karena cuaca, ular juga kerap masuk ke dalam rumah warga lantaran ingin mencari mangsa atau sumber makananya yaitu tikus. Tikus yang menjadi santapan kesukaan ular kobra juga menjadi faktor ular nyasar kerumah warga untuk berburu mangsanya itu

"Tikus itukan merupakan makanan atau mangsanya ular ya. Nah faktor itu juga menjadi penyebab ular kerap nyasar ke rumah warga. Namun kita mengimbau warga untuk selalu melaporkan jika adanya ular yang masuk ke dalam rumah agar dapat dievakuasi segera,'' terang Rinno. (dkp/dkp)