Apa Jawaban Jazakalla Khairan? Ini Balasannya dan Arti Lengkapnya

Puti Yasmin - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 14:17 WIB
Foto: iStock/Apa Jawaban Jazakalla Khairan? Ini Balasannya dan Arti Lengkapnya
Jakarta -

Ucapan 'Jazakalla Khairan' biasa diucapkan ketika sesorang menerima kebaikan dari orang lain. Lantas, apa jawaban 'Jazakalla Khairan'?

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk selalu berbuat kebaikan. Termasuk dengan mengucapkan 'Jazakallah Khairan' ketika mendapat kebaikan.

Hal ini termasuk tanda bersyukur manusia kepada Allah SWT. Berdasarkan hadist riwayat Abu Hurairah radhiallahu anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda "Tidak bersyukur kepada Allah seorang yang tidak bersyukur kepada manusia."



Berikut jawaban 'Jazakallah Khairan' dan arti lengkapnya:

1. Jawaban

Ucapan 'Jazakallahu Khairan' balasnya apa? Tidak ada riwayat yang menjelaskan jawaban 'Jazakallahu Khairan'. Tetapi, beberapa ulama mengatakan untuk menjawab

Arab: وجزاكم الله خيرا

Latin: Wajazakallahu khairan

Artinya: Dan semoga Allah membalas juga dengan kebaikan.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa jawaban 'Jazakallahu Khairan' dengan mengucapkan 'Waiyyaka' (untuk laki-laki), 'Waiyyaki' (untuk perempuan), dan 'Waiyyakum' (jamak) yang artinya 'dan kepadamu/kalian juga'.



2. Anjuran

Ucapan 'Jazakallah Khairan' dianjurkan Nabi Muhammad sebagai ucapan pujian tertinggi saat menerima kebaikan.

Berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi, Usamah bin Zaid berkata 'Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 'Barang siapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ka mengatakan kepada pelakunya 'Jazakallah khairan' maka sungguh ia telah benar-benar meninggukan pujian'.

Semoga jawaban 'Jazakallah Khairan' bisa kita amalkan setiap mendapatkan kebaikan ya!

(pay/erd)