Mesin Waktu

Operasi Senyap Lenyapkan Algojo Kejam Nazi

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 12:46 WIB
Ilustrasi (Foto: Rarehistoricalphotos)
Jakarta - Tepat tanggal ini, pada 1941 sejumlah tentara Cekoslowakia di pengasingan diterbangkan dari Tangmere, Inggris untuk melancarkan operasi melenyapkan salah satu pimpinan Schutzstaffel (SS) Reinhard Heydrich.

Heydrich juga menjabat Komandan Reichssicherheitshauptamt yang membawahi polisi rahasia Nazi (Gestapo), Kriminalpolizei (Kripo), dan badan intelijen SS. Operasi ini kemudian diberi nama Anthropoid.



Para tentara Cekoslowakia yang ditugaskan untuk operasi ini disiapkan dan dilatih oleh Special Operations Executive (SOE). SOE sebuah organisasi pemerintah Inggris yang melakukan pengintaian, operasi mata-mata, dan sabotase melawan aliansi Jerman.

Heydrich ditetapkan jadi target utama karena selama jadi pejabat di Praha, salah satu orang kepercayaan Adolf Hitler itu melakukan tindakan kejam untuk memadamkan perlawanan pada Jerman. Atas kebrutalan itu, Heydrich mendapat julukan "Jagal dari Praha". Seringkali dia juga disebut "The Hangman".



Anthropoid diinisiasi kepala intelijen Cekoslovakia Frantisek Moravec pada Oktober 1941. Moravec memilih dua lusin prajurit yang dinilai paling terlatih dari 2000 tentara Cekoslowakia di Inggris.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3