Sinyal Terganggu Kena Petir, Jalur KA Lintas Karawang-Klari Kembali Normal

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 12:30 WIB
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Jasa layanan kereta api jarak jauh di lintas Karawang-Klari sempat terganggu akibat petir pada Jumat kemarin. PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan layanan kereta kembali normal siang ini.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan gangguan perjalanan terjadi lantaran perangkat persinyalan yang terimbas petir pada Jumat (26/12) pukul 15.52 WIB. Akibatnya, persinyalan tidak dapat beroperasi dengan sempurna. Namun persinyalan kembali normal pada siang ini.

"Persinyalan telah kembali normal pada Sabtu (27/12) pukul 09.45 WIB dan hingga kini proses penguraian antrean KA di lintas terus dilakukan," ujar Eva melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/12/2019).



Eva menyebut, sebelumnya, sejumlah KA yang melintas harus antre karena persinyalan dilayani secara manual. Gangguan itu juga berdampak pada kelambatan keberangkatan dan kedatangan KA di wilayah Daop 1 Jakarta.

"PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada para pengguna jasa kereta api (KA) atas gangguan perjalanan KA jarak jauh di lintas Karawang-Klari," kata dia.

Eva mengatakan hingga pukul 09.00 WIB tadi, terdapat sekitar 30 KA mengalami antrean perjalanan dan mengalami keterlambatan pemberangkatan dari stasiun awal keberangkatan Gambir, Pasar Senen, dan Jakarta Kota yang melintasi Karawang.

Atas gangguan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta memperkenankan kepada para pengguna jasa yang terdampak gangguan di atas 60 menit untuk mendapatkan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen atau sesuai harga tiket. Eva menyebut pihaknya juga memberikan pelayanan berupa makanan kepada penumpang yang mengalami keterlambatan.

"Sebagai bentuk permohonan maaf sejumlah pengguna jasa yang mengalami kelambatan tinggi juga mendapatkan layanan service recovery berupa makanan dan minuman," tuturnya.

Sementara itu, untuk informasi perjalanan Kereta Api dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) di antaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita



Tonton juga video Jalur KA Sukabumi-Bogor Longsor, Perjalanan Dibatalkan:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/aan)