Kaleidoskop 2019

Jokowi Menang Pilpres, Prabowo Jadi Menhan

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 28 Des 2019 11:58 WIB
Foto: Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Istana (Biro Pers Setpres)
Jakarta - Tahun 2019 ini diwarnai 'rematch' dan manuver elite politik yang mengejutkan. Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto yang semula bersaing sengit kemudian bersatu di kabinet baru.

Rematch tersebut adalah Pilpres 2019. Jokowi kembali berhadap-hadapan dengan Prabowo, seperti Pilpres 2014. Namun pada 2019, Jokowi berpasangan dengan cawapres Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto berpasangan dengan cawapres Sandiaga Uno.

Jokowi didukung PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, PKB, PPP, Partai Hanura, PSI, Perindo, PKPI, dan PBB, mereka membentuk Koalisi Indonesia Kerja. Prabowo didukung Partai Gerindra, PKS, PAN, Partai Demokrat, Partai Berkarya, dan Partai Idaman, membentuk Koalisi Indonesia Adil Makmur.


Kedua capres-cawapres berdebat. Adu gagasan Jokowi versus Prabowo ditonton publik. Debat pertama, 17 Januari, mengusung tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. Debat kedua, 17 Februari, bertema Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup.

Debat ketiga dilakoni cawapres pada 17 Maret 2019, mengusung tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan. Debat keempat, 30 Maret, bertema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional. Debat kelima, 13 April, bertema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

Pilpres 2019 begitu emosional, diwarnai isu-isu elite hingga akar rumput, persaingan para pendukung, sentimen suku agama ras dan antargolongan (SARA), hingga hoax via jejaring media sosial dan aplikasi perpesanan. Toh akhirnya pencoblosan Pemilu 2019 yang menggabungkan Pilpres dan Pileg digelar juga pada 17 April 2019.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3