Kemenhub Tambah 68 Bus Eksklusif untuk Libur Nataru di Pulogebang

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 22:57 WIB
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan meluncurkan 68 armada bus eksklusif yang akan melayani rute Tol Trans Sumatera dan rute Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) yang melewati Tol Trans Jawa.

Penambahan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebesar 10% ini bertujuan untuk meningkatkan okupansi pelayanan moda bus saat masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

"Sementara AKAP Trans Sumatera ini hadir untuk meningkatkan okupansi bus AKAP melalui jalan tol Bakauheni sampai ke Palembang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam keterangan tertulis, Jumat (27/12/2019).

Budi mengatakan baik bus-bus yang akan melayani rute Joglosemar dan Trans Sumatera ini akan berangkat dari Terminal Pulogebang, Jakarta. Ada 2 PO yang melayani rute Trans Sumatera dan 10 PO melayani rute Joglosemar.

"Untuk bus yang melayani Trans Sumatera ada 2 PO yaitu PT. Pahala Kencana dan PT. Laju Prima. Untuk Pahala Kencana akan melayani 2 rute yakni Jakarta-Palembang dan Jakarta-Prabumulih. Sementara Laju Prima akan melayani rute Jakarta-Palembang," ucap Dirjen Budi.

Sementara untuk bus AKAP Joglosemar akan dilayani oleh 10 PO. Adapun kesepuluh PO tersebut yaitu PT. Agra Mas, PT. Kramat Djati, PT. Sumber Alam, PT. Giri Indah Abadi, PT. Indo Transport Abdimas, PT. Gunung Mulia, PT. Laju Prima, PT. Sinar Jaya, PT. Putra Mulya, dan PT. Rosalia Indah.



(mul/mpr)