Di Depan Umat Kristiani, Jokowi: Negara Jamin Kebebasan Beragama

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 22:10 WIB
Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin kebebasan memeluk agama di Indonesia. Hal ini sudah tertuang dalam UUD 1945.

"Saya tegaskan bahwa di negeri Pancasila, negara menjamin kebebasan beragama dan beribadah menurut agamanya masing-masing. Saya tegaskan di sini sekali lagi, negara menjamin kebebasan beragama dan beribadah menurut agamanya masing-masing," ujar Jokowi di acara Natal Nasional 2019 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019).



Jokowi mengajak masyarakat, termasuk umat kristiani, saling menghargai perbedaan. Sebab, Indonesia memiliki semboyan 'Bhinneka Tunggal Ika'.

"Di negeri Pancasila ini, kita harus saling menghormati dan saling menghargai perbedaan dan keberagamaan di antara sesama anak bangsa dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika," katanya.



Jokowi menambahkan ada pihak-pihak yang ingin mengganggu keharmonisan bangsa. Namun ia meyakini itu bisa teratasi.

"Dan pada momen tertentu ada saja yang mencoba mengganggu kedamaian hubungan antar suku, goyang keharmonisan dan menebar kebencian dan intoleransi. Saya yakin dengan semangat persaudaraan dan persahabatan, kita akan mampu hadapi semuanya. Saya memiliki keyakinan itu," ujar Jokowi. (dkp/idn)