Menlu Tegaskan RI Tak Diam soal Uighur: Kita Terus Komunikasi dengan China

Rahel Narda C - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 17:22 WIB
Foto: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia sudah berkomunikasi dengan pemerintah China untuk membahas isu soal muslim Uighur. Dia juga mengatakan sudah banyak rekam jejak digital pemerintah Republik Indonesia (RI) terkait kasus tersebut.

"Jadi gini ya teman-teman mengenai masalah Uighur ini sebenarnya sudah lama. Jadi kita sudah terus berkomunikasi dengan pemerintah RRT, dengan Pemerintah China. Jadi saya pernah melakukan pertemuan dengan Duta Besarnya dan pasti teman-teman kalau melihat rekam jejak digital dari Twitter saya pasti ada," kata Retno di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2019).

Retno mengatakan dirinya juga sudah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Selain itu, Dirjen Asia Pasifik Afrika Kemlu RI juga sudah bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Tiongkok.


"Terus kemudian pada tanggal 16 Desember kemarin saya melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RRT, ada di Twitter saya. Kalau teman-teman buka Twitter saya jejak digitalnya juga ada. Tanggal 23 Desember Dirjen Asia Pasifik Afrika bertemu dengan Dubes Tiongkok," ucap Retno.

Retno menyampaikan selama ini pemerintah RI telah banyak berdiskusi dengan menteri luar negeri RRT soal muslim Uighur. Dia mengatakan pemerintah Indonesia bukan baru kali ini menaruh perhatian terhadap kasus di Xinjiang.



Massa Peduli Uighur Gelar Salat Asar di Tengah Hujan Deras:


Selanjutnya
Halaman
1 2