Kronologi Perjalanan Setya Novanto: dari Sukamiskin, Cipinang hingga RSPAD

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 15:06 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Mantan Ketua DPR Setya Novanto dipindahkan dari LP Sukamiskin, Bandung ke LP Cipinang, Jakarta. Salah satu alasannya untuk berobat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Betul telah dilaksanakan pemindahan sementara narapidana atas nama Setya Novanto dari Lapas
Sukamiskin ke Lapas Cipinang dengan alasan melaksanakan berobat terencana di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat , berdasarkan rujukan RS Hasan Sadikin Bandung. Lamanya berobat tergantung pendapat dokter yg menangani di RSPAD Gatot Subroto," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Ade Kusmanto kepada wartawan, Jumat (28/12/2019).

Berikut kronologinya:

Kamis 26 Desember 2019
05.00 WIB

Setnov berangkat dari Lapas Sukamiskin menggunakan ambulan RS dengan pengawalan polisi dan pengawalan petugas lapas dari staf registrasi, staf Kamtib dan Staf Perawatan.

07.54 WIB
Setnov tiba di Lapas Cipinang jam 07:54

09.00 WIB
Setya Novanto dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat dengan pengawalan dari Lapas Cipinang.

10.51 WIB
Setya Novanto tiba di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat dengan menggunakan ambulance RS, pengawalan polisi, petugas Lapas Cipinang dan petugas Lapas Sukamiskin.

Setnov menjalani rawat inap di RDPAD Gatot Soebroto dengan pengawalan dari Lapas Cipinang.

Dasar hukum perawatan Setnov di RSPAD:

a. Pasal 17 ayat (1) dan (2) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.
b. Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-35.OT.02.02 Tahun 2018 tentang Standar Perawatan Kesehatan Rujukan Bagi Tahanan, Narapidana dan Anak Didik Pemasyarakatan, tanggal 28 September 2018.
c. Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.258.PK.01.06.01 Tahun 2017, Tanggal 28 Desember 2017.
d. Sidang TPP Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada tanggal 27 November 2019.

"Proses pemindahan setnov sesuai prosedur , di mana narapidana dapat dipindahkan sementara untuk menjalani berobat terencana dan rawat inap apabila letak RS yang dirujuk di luar propinsi tempat narapidana menjalani pidana untuk dititipkan narapidana menjalani pidana untuk dititipkan sementara di Lapas terdekat dg RS tempat berobat , dan tenaga pengawalan diserahterimakan kepada Lapas yang dititipkan narapidana tersebut," ujar Ade.


Tonton juga Ombudsman Sidak LP Sukamiskin, Nilai Sel Novanto Luas dan Nyaman :

[Gambas:Video 20detik]

(asp/rvk)