BMKG: Puncak Musim Hujan 2020 di Februari-Maret, Kemarau April-Oktober

Wilda Hidayatun Nufus - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 14:08 WIB
BMKG dalam acara 'Refleksi 2019 dan Kesiapsiagaan BMKG' (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta - BMKG memprediksi puncak musim hujan tahun 2020 terjadi pada Februari-Maret. Sementara musim kemarau diprediksi terjadi pada bulan April-Oktober 2020.

"Puncak msuim hujan itu tadi Februari-Maret, dan musim kemarau April. Maka dimohon Februari-Maret ini dioptimalkan resapan-resapan air yang jatuh akibat hujan yang melimpah," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam acara 'Refleksi 2019 dan Kesiapsiagaan BMKG' di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2019).



Dwikorita meminta agar peresapan-peresapan air hujan untuk segera disiapkan. Hal itu untuk mengantisipasi musim kemarau yang akan terjadi dari April hingga Oktober 2020.

"Jadi mohon sebelum puncak musim hujan di Februari segera disiapkan peresapan-peresapan air hujan terutama untuk lahan yang datar, bukan di lahan yang miring. Karena kalau diresapkan di lahan yang miring justru akan mendorong terjadinya longsor. Sehingga meresapkan air mohon selama musim hujan ini terutama puncaknya di bulan Februari-Maret di lahan yang datar agar saat musim kemarau kita tidak mengalami kekeringan yaitu mulai April hingga Oktober," tutur dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2