5 Fakta Assalamualaikum Beijing Film Religi yang Singgung Sindrom APS

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 27 Des 2019 13:30 WIB
Foto: IMDb/5 Fakta Assalamualaikum Beijing Film Religi yang Singgung Sindrom APS
Jakarta - Film Assalamualaikum Beijing yang tayang di bioskop TransTV pada Kamis (26/12/2019) malam salah satunya menceritakan sindrom APS yang diderita Asma, sang tokoh utama. Dikutip dari situs National Health Service (NHS) APS adalah singkatan Antiphospholipid syndrome atau disebut Hughes syndrome.



Dalam film Assalamualaikum Beijing, tokoh Asmara yang diperankan Revalina S Temat dikisahkan terkena sindrom tersebut. Asma sebelumnya hendak menikah dengan Dewa (Ibnu Jamil) namun batal karena perselingkuhan kekasihnya. Asma kemudian ke Beijing setelah menerima pekerjaan dengan perantara Sekar (Laudya Cynthia Bella) dan Ridwan (Deddy Mahendra Desta). Di Beijing Asma bertemu Zhongwen (Morgan Oey) sebelum diketahui mengalami APS.


Berikut 5 fakta soal APS yang merupakan gangguan sistem imun dikutip dari situs NHS,

1. Apa itu sindrom APS?

Sindrom APS mengakibatkan peningkatan risiko terjadinya penggumpalan darah. Seperti Asma di film Assalamualaikum Beijing, gejala pada pasian APS kerap tidak diketahui. Namun pasien umumnya menunujukkan tanda persis Multiple Sklerosis yang menyerang sistem saraf.

Gangguan ini mengakibatkan pasien berisiko mengalami deep vein trombosis (DVT) yaitu penggumpalan darah di kaki. risiko lain adalah stroke atau serangan jantung akibat penggumpalan di pembuluh arteri.



2. Penyebab

Dalam sindrom APS, sistem imun yang harusnya melindungi justru menyerang jaringan tubuh yang sehat. Tubuh pasien APS, misal Asma dalam film Assalamualaikum Beijing, memproduksi protein antibodi antifosfolipid di luar batas normal.

Target protein ini menempel pada molekul lemak (fosfolipid) yang menyebabkan darah menggumpal. Tidak diketahui penyebab produksi protein ini tak sesuai keperluan tubuh. Faktor lain yang ikut mempengaruhi adalah hormon, gen, lingkungan, dan kondisi autoimun tubuh.

3. Siapa yang terkena sindrom APS?

Asma dalam film Assalamualaikum Beijing tidak berumur terlalu muda atau tua. Faktanya, sindrom APS memang bisa mempengaruhi orang dari berbagai lapisan usia termasuk bayi dan anak-anak.

Kebanyakan seseorang diketahui mengalami sindrom APS pada usia 20-50 tahun. Sindrom APS lebih berisiko pada wanita 3-5 kali lebih besar dibanding wanita.


4. Mendiagnosa APS

Tokoh Asma dalam film Assalamualaikum Beijing dikisahkan masuk rumah sakit saat diketahui mengalami APS. Faktanya, sindrom APS yang mirip multiple sklerosis memang bisa mengancam jiwa pasiennya.

Diagnosa APS hanya bisa dilakukan dengan tes darah pada pasien. Hasil diagnosa juga akan membedakan pasien APS dengan multiple sklerosis.

5. Perawatan pasien APS

Pasien APS seperti Asma dalam film Assalamualaikum Beijing bisa punya hidup yang sehat dan berkualitas. Pasien harus minum pengencer darah sesuai resep setelah didiagnosa mengalami sindrom APS.

Konsumsi warfarin atau aspirin dosis rendah menurunkan risiko terbentuknya gumpalan darah. Konsumsi obat juga meningkatkan peluang pasien APS hamil dan melahirkan dalam kondisi sehat hingga 80 persen. Selain konsumsi obat, pasien juga diharapkan kontrol teratur. (row/erd)