Kakanwil Jabar ke RSPAD: Saya Mau Buktikan Novanto di Sini Nggak

Wilda Nufus - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 20:56 WIB
Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak (Wilda/detikcom)
Jakarta - Koruptor kasus e-KTP, Setya Novanto, disebut sedang menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kakanwil Kemenkum HAM Jabar) Liberti Sitinjak pun ingin memastikan Novanto tidak 'pelesiran'.

Liberti mengajak serta anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala yang sebelumnya melakukan inspeksi mendadak di Lapas Sukamiskin di Bandung, tempat Novanto menjalani hukuman. Lantas, apa yang ditemukan Liberti di RSPAD?

"Saya datang kemari hanya ingin membuktikan bahwa Setya Novanto itu memang di rumah sakit. Jadi sebagai Kakanwil melakukan pengawasan apakah sebenarnya yang bersangkutan itu memang ke rumah sakit," kata Liberti di Unit Pelayanan Swasta Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak dan anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala.Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak dan anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala. (Wilda/detikcom)




Liberti mengatakan Novanto sedang menjalani tes magnetic resonance angiography (MRA). Mengenai lokasi pengobatan Novanto di Jakarta, Liberti mengatakan sedari awal saat menjadi tahanan KPK memang rekam medis Novanto berada di RSPAD sehingga rujukan pengobatannya pun di rumah sakit itu.

"Sejak dari tahanan KPK beliau memang sudah berobat di sini. Kalau saya nggak salah sekitar 36 kali waktu di KPK. Ada datanya. Saya tidak tahu persis. Dokter kami yang membuka data itu. Dan itu memang ada. Jadi ini bukan karena di kementerian kami dia jadi sakit, memang penyakit itu sudah dibawa. Jadi kita juga harus paham beliau kan sudah usia 62," kata Liberti.



Liberti bersama Adrianus pun mengaku sudah melihat langsung kondisi Novanto. Saat ditemui keduanya, Novanto disebut duduk di kursi roda.

"Saya pegang tangannya juga demam. Panas. Dia duduk di atas kursi roda mau ke radiologi," imbuh Liberti.




Tonton juga video Ombudsman Sidak LP Sukamiskin, Nilai Sel Novanto Luas dan Nyaman:

[Gambas:Video 20detik]



(idn/dhn)