Bebas Bersyarat, Ratna Sarumpaet Wajib Lapor Seminggu Sekali

Yoga Ernes - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 16:20 WIB
Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasarudin (Yoga/detikcom)
Jakarta - Ratna Sarumpaet bebas hari ini setelah mendapatkan pembebasan bersyarat (PB). Meski demikian, Ratna Sarumpaet wajib lapor diri seminggu sekali ke LP Pondok Bambu, Jakarta Timur.

"Syarat-syaratnya sudah pasti diketahui RT dan RW, karena bebas bersyarat itu ada wajib lapornya ya seminggu sekali. Lapornya ke Lapas Perempuan Kelas II Pondok Bambu, Jakarta Timur," ujar pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasarudin, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Dalam proses pengajuan pembebasan bersyarat itu, Ratna Sarumpaet juga memiliki jaminan dari keluarga dan anak-anaknya. Dengan bebasnya Ratna ini, dia boleh pergi ke mana saja, termasuk ke luar negeri.

"Ya bolehlah, kan ini bukan masa penahanan," katanya.

Meski demikian, lanjut Nasarudin, Ratna Sarumpaet mesti menyesuaikan dengan jadwal wajib lapor.

"Iya kan tinggal disesuaikan saja sama waktu wajib lapornya. Kan wajib lapor ini menghabiskan sisa penahanan beliau," ucapnya.

Lebih lanjut Nasarudin menyebutkan kliennya resmi bebas dari LP Pondok Bambu pada pukul 12.00 WIB tadi setelah proses administrasi kelar. Ratna bisa bebas karena telah menjalani dua pertiga masa hukuman ditambah potongan remisi dan mendapatkan pembebasan bersyarat.





Selanjutnya
Halaman
1 2