Istana Serahkan Mundurnya Wabup Nduga ke Mendagri

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 15:40 WIB
Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Pihak Istana enggan berkomentar jauh soal Wakil Bupati (Wabup) Nduga Wentius Nimiangge yang mundur karena warganya tertembak. Istana menyerahkan kepada Mendagri Tito Karnavian.

"Kami sudah sampaikan ke Bapak Mensesneg, dan arahan Pak Mensesneg adalah hal-hal seperti ini disampaikan kepada ke Kementerian Dalam Negeri," ujar Jubir Presiden Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).



Alasannya, Kemendagri bertugas dalam pembinaan kepala daerah. Hal serupa sebelumnya disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md yang menyerahkan masalah ini ke Kemendagri.

"Karena terkait dengan pembinaan kepala daerah itu langsung dengan Gubernur yang bersangkutan kemudian diinformasikan kepada ke Mendagri. Jadi bisa ditanyakan langsung ke mendagri Pak Tito Karnavian atau Kapuspen Kemendagri," ujar Fadjroel.



Sebelumnya diberitakan, Wentius mundur dari jabatannya sebagai wabup. Dia mundur karena salah satu warganya ditembak mati dalam konflik bersenjata yang terjadi di Nduga.

"Iya benar (mengundurkan diri), ya alasannya itu, warga saya ditembak mati," ujar Wentius saat dimintai konfirmasi, Kamis (26/12).

Saat ini Wentius tengah mempersiapkan surat pengunduran dirinya untuk diserahkan kepada Gubernur Papua dan DPRD Papua. Selain itu, Wentius mengatakan hingga saat ini dia masih mencari jalan keluar dari permasalahan Nduga. Menurutnya, hingga saat ini Nduga memiliki banyak masalah tentang kemanusiaan.

(dkp/aan)