Warga Diminta Pakai Kacamata Khusus Lihat Gerhana Matahari Cincin

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 06:27 WIB
Thomas Djamaluddin (Foto: Screenshoot 20detik)
Jakarta - Gerhana matahari cicin akan melintasi beberapa wilayah di Indonesia hari ini. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengimbau masyarakat untuk menggunakan kacamata matahari dengan filter ND5 (neutral density 5) untuk menyaksikan fenomena itu.

"Gerhana matahari aman dilihat seperti halnya melihat matahari sehari-hari, asal berhati-hati dan jangan memaksakan diri. Mata punya mekanisme refleks terpejam kalau terlalu silau. Untuk bisa melihat matahari secara aman dan nyaman, gunakanlah kacamata matahari," ujar Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin kepada wartawan, Rabu (25/12/2019) malam.



Thomas mengatakan cahaya gerhana matahari cincin atau matahari mempunyai karakteristik yang sama. Namun apabila disaksikan dengan mata telanjang dalam waktu yang lama, itu membahayakan mata.

"Jadi prinsipnya kalau kita hanya sekilas melihat gerhana matahari itu tidak masalah seperti halnya sehari-hari kita melihat matahari. Hanya saja bisa orang melihat gerhana matahari itu ingin detail melihatnya maka cenderung kemudian dipaksakan. Kalau dipaksakan itu sesungguhnya itu yang berbahaya," tutur Thomas.

"Mata itu mempunyai mekanisme refleks ketika melihat objek yang sangat terang. Jadi mata akan segera terpejam, pada saat itu jangan kita paksakan melihat gerhana matahari. Disarankan untuk melihat matahari yang aman itu gunakan peralatan yang memang bisa menyerap sinar matahari secara efisien, yaitu menggunakan kacamata matahari yang bisa menyerap sampai dengan 100 ribu kali atau filter ND5," imbuhnya.



Simak Video "Catat! Gerhana Matahari Cincin Terlihat 26 Desember 2019"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2 3