Uskup Agung Pertanyakan Isu Pelecehan di Gereja: Datanya dari Mana?

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 18:22 WIB
Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Suharyo/Foto: Jefrie/detikcom
Jakarta - Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mempertanyakan adanya isu yang diklaim bersumber dari data KWI soal pelecehan seksual yang dilakukan pihak gereja Katolik di Indonesia. Dia mengaku tidak pernah mendapat data atau laporan tersebut.

Isu itu berembus dari artikel salah satu situs di internet, dengan konfirmasi dari pihak Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Namun Suharyo yang juga merupakan ketua presidium KWI ini menyatakan sama sekali tidak tahu menahu.

"Saya sebagai Uskup Keuskupan Agung Jakarta dan sebagai Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) tidak pernah menerima laporan seperti itu. Maka saya mempertanyakan itu KWI yang mana ya bicara atas nama KWI, bicara tentang perkara itu," kata Kardinal Suharyo di Gereja Katedral, Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (25/12/2019).

"Jadi kalau tanya ke saya, ndak ngerti. Tanyakan kepada yang menulis itu dari mana dia mendapat data dan apakah data itu valid atau tidak atau secara etis melanggar etika atau tidak," sambungnya.

Sebagai ketua dan mengaku tidak mengetahui data tersebut, dia justru mempertanyakan pihak yang menyebarkan data tersebut kenapa mengatasnamakan KWI. Dia kemudian menyampaikan sikap pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, mengenai pelecehan seksual di lingan gereja.