Mesin Waktu

Legenda Perang Dunia I: Tentara Inggris vs Jerman Pilih Main Bola

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 17:16 WIB
Foto: Sepakbola tentara pada era Perang Dunai I, 1914. (Public Domain via situs web UEFA)
Jakarta - Ada peristiwa bersejarah pada 25 Desember 1914, saat itu adalah masa Perang Dunia I. Negara-negara Barat yang saling bunuh kemudian mengadakan gencatan senjata. Kabarnya, mereka memilih main bola ketimbang perang. Benarkah?

Gencatan senjata Natal atau Christmas Truce, begitulah orang-orang Eropa Barat mengenang momen 25 Desember 1914. Berdasarkan semangat perang, gencatan senjata saat itu tidak resmi dan melanggar komando. Namun toh kemanusiaan yang menang, meski sementara waktu.



Dilansir Smithsonian, Rabu (25/12/2019), tanda-tanda gencatan senjata ini terjadi saat malam Natal 24 Desember, pukul 20.30.

Tentara Inggris, Pratu Frederich Heath mengaku menerima ucapan Natal dari orang-orang Jerman. Ucapan itu didengarnya lewat teriakan. Komandan dari Pratu Frederich Heath menyuruh semua pasukannya untuk diam saja karena khawatir ada pengkhianatan.



Selain itu, angkatan bersenjata Irlandia melaporkan ke kantor pusat sebagai berikut, "Orang-orang Jerman menerangi parit perlindungan mereka, nyanyi-nyanyi, dan mengucapkan Selamat Natal kepada kami. Salam telah dibalas namun bagaimanapun juga kami tetap berhati-hati secara militer."

Tentara Skotlandia berpangkat Pratu bernama Murker menuliskan dalam buku diarinya, "Bertemu personel patroli Jerman dan diberi segelas wiski dan sejumlah rokok, dan pesan balasan terkirim bahwa bila kita tidak menembak mereka, mereka tak akan menembak kita."

Selanjutnya
Halaman
1 2