Mentan Akan Isolasi Daerah yang Kena Virus Kolera Babi di Sumut

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 14:19 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Virus demam babi Afrika saat ini menyebar di Sumatera Utara (Sumut). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya berencana mengisolasi daerah yang terkena wabah virus untuk mengantisipasi agar wabah itu tak menyebar ke sejumlah daerah.

"(Antisipasi) salah satunya dengan mengisolasi daerah yang terjangkit sangat total. Kemudian daerah lain harus sangat rutin tiap hari, harus cek apakah ada virus yang menyangkut. Tapi isolasi yang paling penting, isolasi untuk dia keluar wilayah itu yang kita perketat, oleh pemerintah daerah setempat," ujar Syahrul di Rumah Dinas Menko Luhut di Jalan Widya Chandra V, Jakarta Selatan, Rabu (25/12/2019).



Dia juga memastikan virus demam babi Afrika itu tidak menyeluruh terjadi di Indonesia. Dia juga mengatakan Kementan telah bekerja sama dengan Pemprov Sumut untuk melakukan pengamanan di daerah yang terkena virus.

"Jadi (virus) babi itu tidak menyeluruh seluruh Indonesia. hanya ada di satu kabupaten yang paling tinggi, tapi kabupaten yang terjangkit tidak lebih dua, tiga. Oleh karena itu? katakanlah virus babi yang kita takutkan itu, kami sudah lakukan pengendalian secara maksimal dilakukan oleh para Gubernur, para Bupati dan jajaran pengaman yang ada. Tentu saja pengaman sesuai prosedur, memang kita harus musnahkan di sana, dan itu dalam proses," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2