Kisah Nabi Isa AS yang Lahir di Betlehem dan Bisa Bicara saat Bayi

Erwin Dariyanto - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 11:01 WIB
Kisah Nabi Isa lahir tempatnya sekarang berdiri sebuah Gereja (Foto: Erwin Dariyanto/detikcom)
Jakarta -

Nabi Isa alaihissalam lahir di Betlehem, Palestina, sebuah daerah yang terletak di antara dua dataran dengan ketinggian 750 di atas permukaan laut. Jaraknya kurang lebih 10 kilometer arah selatan dari Masjid al Aqsa di Yerusalem. Kisah Nabi Isa AS lahir di Betlehem dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Imran ayat 33, Surat Maryam 16 sampai 40 dan juga pada salah satu hadits Rasulullah SAW.

Dikutip dari buku Jejak-jejak Rasulullah, karya Hanafi Al Mahlawi, Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan Isra Miraj sempat turun di Betlehem dan mengerjakan sholat sunah 2 rakaat. Peristiwa itu diriwayatkan Anas bin Malik dalam hadits An-Nasa'i.

Dikisahkan, dalam perjalanan Isra dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa, Rasulullah singgah sesaat di beberapa tempat untuk mengerjakan sholat dua rakaat. Tempat pertama adalah Madinah yang kini berdiri Masjid Nabawi, kemudian bukit Sinai, tempat Nabi Musa bertemu Tuhan.

Setelah dari Sinai, tiba di suatu tempat, Jibril meminta Nabi Muhammad turun dari Bouroq yang dikendarai dari Mekah. "Turun dan sholat lah!" kata Jibril.

Maka Nabi Muhammad pun turun dan mengerjakan sholat dua rakaat. "Tahu kah engkau (Muhammad) tadi sholat di mana?"

"Tadi aku sholat di Baith Lahm (Betlehem), di situ lah Nabi Isa dilahirkan," jawab Nabi Muhammad SAW seperti dikutip dari buku Jejak-jejak Rasulullah, karya Hanafi Al Mahlawi.

Kisah Nabi Isa AS dimulai dari Firman Allah SWT dalam surat Al Imran ayat 33, yang artinya:

"Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (pada masa masing-masing."

Imran adalah ayah kandung dari Maryam, Ibu Nabi Isa AS.



Selanjutnya
Halaman
1 2 3