Ini 6 Fakta Terkini Tragedi Bus Sriwijaya Terjun ke Jurang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Des 2019 09:05 WIB
Foto: Istimewa/Dok Polres Pagar Alam
Jakarta - Bus PO Sriwijaya rute Bengkulu-Palembang mengalami kecelakaan maut di Pagar Alam, Sumatera Selatan. Tercatat 28 korban tewas dan penyebab kecelakaan itu masih diselidiki. Berikut fakta-faktanya.

Peristiwa tersebut berawal saat bus dengan bernomor polisi BD-7031-AU dikemudikan oleh Fery menabrak beton dan terjun ke sungai di Liku Lematang, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Insiden itu terjadi pada Senin pada Selasa 23 Desember 2019 malam sekitar pukul 23.15 WIB.
Belum diketahui pasti penyebab kecelakaan maut tersebut. Polisi masih menyelidikinya. Demikian pula, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga akan menugaskan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk meneliti penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

Berikut fakta-fakta terkini tragedi Bus Sriwijaya masuk jurang:

1. Rem Mendadak Blong

Dugaan sementara polisi, kecelakaan itu terjadi akibat rem bus yang tidak berfungsi dengan baik.

"Sementara waktu informasi dari anggota di lapangan (penyebab kecelakaan) adalah remnya blong kendaraan tersebut." kata Kabid Humas Polda Sumatera Selatan, Kombes Supriadi kepada detikcom, Selasa (24/12/2019).

Hal sedana disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyebut Bus Sriwijaya itu masik layak jalan. Namun, ia menduga bisa saja ada gangguan di bus tersebut. "Sementara yang saya dapatkan dari petugas di lapangan, dari perizinan, kemudian dari uji KIR layak jalan. Tapi bisa saja tiba-tiba remnya rusak, ada gangguan, atau pengemudi jam 11 malam itu lagi ngantuk kali," ujar Budi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (24/12/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3