Akbar Tandjung Yakin Jokowi Tak Gunakan Kekuasaan Menangkan Gibran di Solo

Faiq Hidayat - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 18:19 WIB
Akbar Tandjung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Putra Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mendaftarkan diri maju di Pilkada Solo melalui PDIP. Politikus senior Golkar, Akbar Tandjung, menyakini Presiden Jokowi tak akan menggunakan kekuasaan untuk memenangkan putranya di Pilkada Solo.

"Saya yakin Pak Jokowi tidak akan gunakan kekuasaan posisi sebagai presiden untuk mendorong publik memilih anaknya. Saya kira tidak serendah itu kualitas beliau sebagai presiden," ujar Akbar Tandjung di kompleks parlemen, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019).

"Beliau (Jokowi) juga sudah punya pengalaman panjang dalam politik mulai wali kota, gubernur, sampai presiden. Biar berjalan secara alamiah kalau memang ada (anak) berminat politik kenapa tidak," imbuh Akbar.



Selain itu, mantan Ketua DPR tersebut menyebut majunya Gibran dan menantu Jokowi, Bobby Nasution, di Pilkada bukan sebagai bentuk dinasti politik. Menurut dia, semua orang berhak maju dalam dunia politik, seperti Pilkada, Pileg, dan Pilpres.

"Nggak, sekarang ini juga kita menyaksikan dinamika dalam kehidupan politik juga nampak betul dan ternyata cukup banyak orang yang mempunyai keinginan untuk ikut aktif dalam kegiatan politik, termasuk soal Pilkada, seperti putra Pak Jokowi dan mantu Pak Jokowi itu memperlihatkan kehidupan politik kita cukup dinamis dan sistem demokrasi kita bangun memberi peluang kepada siapa saja merasa terpanggil dalam dunia politik," kata dia.

Jokowi, sambung dia, akan memberikan kesempatan kepada anaknya ikut Pilkada Serentak 2020. Jokowi juga disebutnya akan memberikan nasihat kepada anaknya yang ikut Pilkada itu.



"Saya melihat Pak jokowi tentu sebagai orang tua anak meminat dalam dunia politik kenapa tidak, tentu beliau memberikan kesempatan pada anak-anaknya," tutur dia.

Sebelumnya, Gibran mengatakan tidak memerlukan bantuan sang bapak, Presiden Jokowi, untuk maju dalam Pilkada Solo. Meskipun, kata Gibran, Jokowi mendukung keputusannya terjun ke dunia politik.

"Saya nggak butuh (dibantu). Ngapain bapak meng-endorse saya," ujar Gibran usai blusukan ke Pasar Klewer, Solo, Senin (23/12). (fai/idn)