Mesin Waktu

Satu Dekade Silam, Paus Diserang saat Misa Malam Natal di Vatikan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 14:34 WIB
Foto: Paus Benedictus XVI (Wikimedia Commons)
Jakarta - Tepat tanggal ini satu dekade silam, pemimpin tertinggi umat Katolik Paus Benedictus XVI diserang seorang perempuan saat berjalan menuju altar untuk memimpin misa malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Dalam tayangan rekaman peristiwa, pelaku penyerangan awalnya berlutut di belakang pagar pembatas saat prosesi para kardinal dan Paus berjalan menuju altar. Ketika Paus mulai mendekati posisinya, perempuan berjaket merah ini berdiri.



Sejurus kemudian dengan cekatan melompati pembatas dan menerjang ke arah Paus. Loncatnya peremuan itu ke arah Paus terlihat di rekaman video AFP.

Penyerang itu, Susanna Maiolo lalu menarik jubah Paus hingga menyebabkan pria yang lahir dengan nama Joseph Ratzinger itu terjatuh ke lantai. Para pengawal langsung mengamankan Maiolo lalu membawanya keluar. Sementara Paus dibantu pengawalnya segera berdiri.



Pria yang lahir di Jerman pada 1927 itu tetap melanjutkan prosesi. Namun Kardinal Roger Etchegaray yang berjalan di dekat Paus Benedictus XVI harus dilarikan ke rumah sakit. Kardinal Etchegaray ikut terjatuh dalam serangan yang dilakukan itu. Dia kemudian diketahui mengalami patah kaki.

Sepanjang misa berlangsung, Paus sama sekali tidak menyinggung insiden tersebut. Salah satu pejabat Vatikan dalam wawancara dengan The Associated Press menyebut penyerang itu tidak bersenjata dan sedang tidak stabil psikologinya.


Selanjutnya
Halaman
1 2