Menhub dan Menteri PUPR Tinjau Rest Area di Tol Bakauheni-Palembang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 14:26 WIB
Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melanjutkan peninjauan angkutan libur Natal dan Tahun Baru ke Tol Bakauheni-Palembang. Budi dan Basuki meninjau perkembangan pembangunan rest area.

"Dengan Pak Menhub kita lihat tol Bakauheni-Palembang, total ada 370 KM kira-kira, walaupun yang diresmikan baru sampai Kayu Agung, tapi Kayu Agung-Palembang pun sudah bisa dilalui dengan fungsional. Fungsional bukan berarti debu atau apa, sudah kayak gini," ujar Basuki di KM 87 B, Tol Bekauheni-Palembang, Lampung, Selasa (24/12/2019).

Basuki menuturkan pada libur Natal dan tahun baru tahun ini Tol Bakauheni-Palembang sudah bisa dilalui pemudik. Meskipun belum selesai pembangunan, Basuki memastikan fasilitas tol di rest area sudah mencukupi kebutuhan pengendara.




"Semua ada 13 (rest area) sampai Palembang, jadi (ada) 7 (Bakauheni arah Palembang) dan 6 (Palembang arah Bakauheni). Rata-rata sekitar 50 KM/ 1 rest area, full tipe A, jadi ada pom bensin dan lain-lainnya, musala, toilet, sama UKM kulinernya," katanya.

Selain itu, Basuki memastikan pasokan BBM di sepanjang jalan Tol Bakauheni-Palembang mencukupi. Terlebih, kata dia, Pertamina menyiapkan pasokan berlebih dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru.

"Saya kira sekarang kita ada trimodular, ini tidak hanya ada pada saat libur Nataru sampai dengan nanti selesainya SPBU yang permanen ini akan ada terus. Rata-rata sekitar 2.500-3.000 liter per hari, untuk Nataru katanya kenaikan kebutuhan bisa dipenuhi naik sekitar 6-7 persen," katanya.



Tonton juga video Liburan Nataru, Penumpang di Terminal Kampung Rambutan Melonjak:

[Gambas:Video 20detik]



(fas/dhn)