Warga Bekasi Temukan 26 Telur Ular Kobra Saat Kerja Bakti

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 23 Des 2019 22:02 WIB
Foto: Penemuan telur ular kobra di Bekasi (dok.istimewa)
Bekasi - Fenomena ular kobra masih menghantui warga Kabupaten Bekasi. Terakhir, sebanyak 26 butir telur ular sanca ditemukan warga di salah satu perumahan di Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

"Jumlah telur, ada 26 telur," ujar Kapolsek Serang Baru AKP Wito, kepada detikcom, Senin (23/12/2019).

Telur ular itu ditemukan di Perumahan Mega Regency, Blok A No 33, RT 5/14, Sukasari, Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Minggu (22/12) siang. Saat itu warga sedang melakukan kerja bakti.

Ketika itu warga menemukan semacam lubang berdiameter 15 cm di pinggir Kali Ciherang. Posisi lubang itu berada di bawah pohon bambu dan tertutup bongkahan genteng.



Mulanya, warga mengira lubang itu adalah lubang tikus. Karena penasaran, lubang itu digali hingga warga mendapati lubang yang lebih besar lagi ukurannya.

"Pas dikorek lagi ternyata ada telur-telur ular sanca," kata Wito.

Kemudian warga mencoba untuk menetaskan salah satu telur untuk memastikan benar tidaknya telur ular. Warga mendapati anak ular sepanjang 25 cm.

"Induknya belum tahu sih tapi perkiraan 4 bulan yang lalu lah induk ular ditangkap tapi apakah induk itu yang punya telur ini kita juga belum tahu," tutur Wito.

Sebagian telur ular sudah diserahkan ke komunitas pecinta reptil Kabupaten Bekasi. Hanya tersisa 3 telur ular yang disimpan di balai warga.

Pantauan detikcom, telur ular itu berbentuk oval dengan ukuran sekepal tangan pria dewasa. Telur tersebut berwarna putih. Ketika diraba, tampak isi telur itu bergerak-gerak.


Halaman

(isa/mea)