Mesin Waktu

Dua Perempuan Ini Coba Bunuh Presiden AS dan Kabur dari Penjara

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 23 Des 2019 20:03 WIB
Foto: Agen Secret Service menangkap Lynette Fromme yang menodongkan pistol pada Presiden Gerald Ford (AP)
Jakarta - Tepat tanggal ini, 32 tahun yang lalu, seorang narapidana perempuan bernama Lynette Fromme kabur dari penjara. Kejahatan Fromme tak biasa, dia dihukum karena melakukan percobaan pembunuhan pada Presiden Amerika Serikat, Gerald Ford.

Lynette, putri seorang insinyur aeronautika bernama William Millar Fromme. Masa kecilnya dihabiskan dengan bergabung dengan grup tari Westchester Lariats, di Los Angeles.


Bersama grup itu, Lynette pentas keliling Amerika Serikat dan bahkan tampil di Gedung Putih. Namun dia kemudian terjerumus dalam pengaruh candu alkohol dan obat-obatan.

Bersama beberapa kawannya, Lynette berjumpa dengan sebuah komunitas bernama Manson Family di California yang didirikan Charles Manson. Pendiri komunitas ini belakangan dihukum penjara karena terlibat pembunuhan aktris Sharon Tate, istri produser film Roman Polanski.

Suatu hari pada 5 September 1975, Lynette membuat aksi yang mengejutkan seantero negeri. Pagi-pagi, dia menyelipkan sepucuk pistol ke sarung yang diikatkan ke kaki kirinya. Dengan mengenakan baju merah menyala, dia menuju California Capitol.

Simak Video "Pelajar Bunuh Tetangga Karena Kabar Ibunya Diperkosa"