ADVERTISEMENT

Cerita Febri Diansyah Usulkan Pisah Jabatan Kabiro Humas dengan Jubir KPK

Dhani Irawan - detikNews
Senin, 23 Des 2019 19:12 WIB
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Febri Diansyah menjadi satu sosok yang kerap muncul di layar kaca sebagai juru bicara (jubir) KPK selama 3 tahun terakhir. Selama itu pula sebetulnya Febri merangkap jabatan sebagai Kabiro Humas KPK.

"Saya menjalankan fungsi juru bicara KPK sekaligus sebagai Kepala Biro Humas sejak Desember 2016, karena hal itu memang tugas melekat di Kepala Biro Humas," kata Febri kepada wartawan, Senin (23/12/2019).

Tidak ada yang salah perihal itu lantaran ketika Febri dilantik sebagai Kabiro Humas KPK pada Desember 2016, KPK tidak memiliki nomenklatur mengenai jubir KPK. Baru melalui Peraturan KPK Nomor 03 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK terdapat pembeda antara Biro Humas dan Tim Jubir KPK.

"Saat terjadi perubahan peraturan internal, saya usulkan agar posisi Juru Bicara dipegang oleh orang yang berbeda dengan Kepala Biro Humas. Namun, hingga Pimpinan Jilid IV selesai menjalankan tugasnya, memang pimpinan saat itu masih meminta saya menjalankan kedua fungsi itu di waktu yang sama. Jadi tugas itu sudah saya jalankan sebaik-baik yang saya bisa selama lebih dari 3 tahun. Saya ingat juga, dulu pernah usulkan ke Pimpinan agar masa tugas atau masa jabatan Jubir dibatasi agar ada regenerasi dan wajahKPK tidak bergantung pada personal tertentu," kataFebri.


Kini pimpinan KPK diisi wajah-wajah baru, yaitu Firli Bahuri, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata. Muncul diskusi di kalangan pimpinan untuk mencari sosok yang akan mengisi posisi jubir KPK.

Bagi Febri, hal itu tidak menjadi masalah. Dia berharap kelak jubir yang baru dapat bertugas lebih baik lagi.

"Dan jika sekarang, pimpinan KPK ingin mengisi posisi juru bicara KPK dan misalnya melakukan seleksi untuk mencari orang yang tepat, semoga KPK mendapatkan yang jauh lebih baik dari juru bicara yang pernah ada di KPK," kata Febri. (dhn/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT