Nadiem Tegaskan Pergantian UN Tidak Kurangi Biaya Anggaran

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 23 Des 2019 19:06 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akan mengganti Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Dia menegaskan penggantian UN ini tidak akan mengurangi biaya anggaran.

"Ada mispersepsi lagi dengan asesmen ini akan mengurangi biaya untuk melakukan... ya wong orang tesnya sama kok, maksudnya di dalam komputer diambil. Jadi ya apa pun biaya menyelenggarakan tes komputer ya sama aja biayanya untuk Asesmen Kompetensi," kata Nadiem di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).


Nadiem mengatakan sejauh ini dia masih belum tahu apakah pengganti UN ini akan mengurangi atau menambah budget anggaran. Menurutnya, Asesmen Kompetensi Minimum akan tetap memiliki proses yang sama dengan UN saat ini.

"Jadi jangan salah ekspektasi, wah ini akan tiba-tiba, secara tiba-tiba mengurangi budget. Kita belum tahu mengurangi atau meningkatkan, kita belum tahu karena belum full didetailkan. Tapi ya ngerti ya, prosesnya sama dengan UN. Maksudnya, anak-anak tetep harus dibawa ke komputer. Masih harus mengambil suatu ujian berdasarkan komputer," kata Nadiem.

Simak Video "PGRI Setuju UN Dihapus, tapi..."


Selanjutnya
Halaman
1 2