Program Medan Bebas Banjir, Warga di Bantaran Sungai Bakal Direlokasi

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 23 Des 2019 17:59 WIB
Ilustrasi Banjir di Medan (Foto: Istimewa)
Medan - Pemprov Sumatera Utara (Sumut) menargetkan Medan bebas banjir pada 2022. Salah satu langkah yang bakal dilakukan adalah relokasi warga dari pinggiran sungai.

"Akan disiapkan perumahan-perumahan di relokasi seperti rusun, rusunawa yang terjangkau oleh masyarakat," kata Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Senin (23/12/2019).


Riadil mengatakan konsep yang digunakan bukan penggusuran, melainkan penataan. Nantinya kawasan di pinggir sungai yang melintas di Medan bakal ditata sesuai dengan aturan tata ruang sempadan sungai.

"Terminologinya bukan penggusuran, tapi akan ditata lebih baik sesuai dengan tata ruang dan ketentuan sempadan sungai," ucapnya.

Dia menyebut saat ini sudah ada peta bidang sempadan Sungai Bedera. Peta tersebut disiapkan oleh Pemkot Medan dan BPN.

"Saat ini telah diselesaikan rincikan peta bidang sempadan Sungai Bedera oleh Pemko Medan-BPN," tuturnya.


Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menargetkan Kota Medan akan bebas banjir pada 2022. Edy pun mengajak masyarakat menjaga alam untuk mencapai target tersebut.

"Mari kita jaga alam ini, sehingga alam akan menjaga kita. Sungai merupakan sumber kehidupan, kita niatkan bahwa kita akan menjaga sungai," ujar Edy Rahmayadi di Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (22/12).



Tonton video Sebab Musabab Jakarta Dikepung Banjir:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/fdn)