Mesin Waktu

Pidato Natal Bocor, Ratu Inggris Gugat Media

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 23 Des 2019 16:22 WIB
Foto: Ratu Elizabeth II mengendarai Land Rover pada 1992 di Kastel Windsor (CNN)
Jakarta - Setiap tanggal 25 Desember, pukul tiga sore, aktivitas warga berhenti sejenak untuk mendengar pidato pesan Natal Ratu Inggris. Namun, tepat tanggal ini pada 1992, kehebohan melanda daratan Inggris. Harian The Sun membocorkan pidato Sang Ratu.

The Sun meletakkan pidato itu sebagai berita utama di halaman depan dengan judul "Our Difficult Days By The Queen". Los Angeles Times yang mengutip sumber dari Istana Buckingham menyebut Ratu Elizabeth II marah besar. Ulah The Sun itu dikatakan bertentangan dengan tradisi.


Tradisi pidato Natal di Kerajaan Inggris dimulai pada 1932 oleh Raja George V, kakek Ratu Elizabeth II. Idenya diberikan oleh Sir John Reith yang juga pendiri British Broadcasting Company (BBC).

Elizabeth II sendiri memberikan pidato Natal mulai 1952, tahun dimana dia naik tahta menggantikan ayahnya George VI. Biasanya pidato direkam beberapa hari sebelumnya Natal termasuk pidato yang bocor itu.

Agar pidato itu dapat didengarkan di seluruh negeri setidaknya 40 kaset dikirimkan ke beberapa stasiun televisi dan radio. Tersedia pula dalam bentuk teks, namun di bawah embargo, disiarkan pada Natal.

Simak Video "Ariana Grande Tolak Penghargaan dari Ratu Inggris?"


Selanjutnya
Halaman
1 2