Tawarkan Pinjaman-Belanja Online Lewat SMS Blasting, 4 Penipu Ditangkap

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 23 Des 2019 15:48 WIB
Bareskrim Polri membekuk sindikat penipuan online. (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap 4 tersangka penipuan online di Sulawesi Selatan. Para tersangka menipu korban dengan menawarkan pinjaman dan jual-beli online lewat SMS blasting.

"Modus yang dilakukan dengan mengirimkan SMS blasting, dengan alat modem yang begitu banyak," kata Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Rickynaldo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).


Para tersangka ditangkap pada 7 Desember lalu di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan. Keempat tersangka adalah Abdurrahman (28), Sandi (25), Herman (34), dan Taufik (32).

Aksi mereka terungkap setelah salah satu perusahaan yang menjadi korban, PT FDI, merasa dirugikan dan melapor ke polisi. Perusahaan tersebut rugi Rp 50 juta karena tergiur tawaran belanja online dari tersangka.

"Dia (tersangka) melakukan upaya menaikkan limit pinjaman sampai Rp 50 juta, setelah itu diperintahkan oleh tersangka mengirim sejumlah uang. Total yang dialami oleh perusahaan yang rugi Rp 50 juta ini berbentuk belanja online, sehingga perusahaan tersebut dapat tagihan online dari nomor yang sudah ada dan perusahaan mengganti biaya belanja online," ujar Rickynaldo.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2