Dishub Cek Kelaikan Bus Angkutan Natal-Tahun Baru di Terminal Lebak Bulus

Faisal Javier - detikNews
Senin, 23 Des 2019 12:13 WIB
Kepala Satuan Pelaksana Terminal Lebak Bulus, Suprihartono (Foto: Faisal Javier/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta Selatan melakukan uji kelaikan kendaraan angkutan Natal dan Tahun Baru di Terminal Lebak Bulus. Armada yang diuji sejauh ini dinyatakan laik jalan.

"Kita melakukan pengujian kelaikan, bilamana tidak laik itu ada penyidiknya. (Kalau) di situ yang menyatakan tidak laik itu pengujian, kemudian ditindaklanjuti. Sampai saat ini masih laik," kata Kepala Satuan Pelaksana Terminal Lebak Bulus, Suprihartono, di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).


Ada satu pos uji kelaikan kendaraan yang terletak di pintu masuk Terminal Lebak Bulus. Pengujian dilakukan setiap hari mulai 20 Desembar 2019-6 Januari 2020 mendatang.

"Di terminal mulai tanggal 20 Desember (2019) sampai tanggal 6 Januari 2020. Rutin tiap hari," ujarnya.

Bus yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus melayani penumpang yang bertujuan ke Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke Sumatera. Selain uji kelaikan kendaraan, dilakukan juga tes kesehatan kepada para sopir bus dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta Selatan.


"(Bus) yang masuk kita pemeriksaan di depan, kelengkapan surat-surat, sopir-sopir diarahkan ke Dinkes, kendaraannya diuji oleh penguji," jelasnya.

Berdasarkan data dari Terminal Lebak Bulus, pada Minggu (22/12) siang kemarin, ada 37 armada berangkat dari Lebak Bulus yang mengangkut 651 penumpang. Sementara, dari Minggu malam hingga Senin pagi ini, 15 bus telah berangkat dan mengangkut 396 penumpang. (azr/idh)