Panglima TNi-Kapolri Hadiri Deklarasi Natal Damai di Manado

Eva Safitri - detikNews
Senin, 23 Des 2019 11:24 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis berkumpul bersama tokoh agama dan masyarakat di Manado. (Eva Safitri/detikcom)
Manado - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis berkumpul bersama tokoh agama dan masyarakat di Manado. Dalam pertemuan itu, seluruh tokoh sekaligus membacakan deklarasi atau komitmen Natal damai.

Pertemuan itu digelar di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Manado, Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (23/12/2019). Deklarasi dibacakan oleh seluruh unsur tokoh agama dan masyarakat serta organisasi-organisasi masyarakat.

Ada tiga komitmen yang dibacakan. Pertama, mempertahankan keutuhan NKRI. Kedua, menjaga situasi kamtibmas serta kedamaian perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020. Ketiga, menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama.



Usai deklarasi, Hadi dan Idham meninjau beberapa gereja, yakni Gereja Katedral Hati Tersuci, Gereja GMIM Jemaat Paulus, serta satu pos pengamanan Natal. Dalam kunjungan itu, Hadi bertanya ada atau tidaknya masalah yang dialami masing-masing gereja setempat.

Panglima TNI dan Kapolri mengecek beberapa gereja di Manado.Panglima TNI dan Kapolri mengecek beberapa gereja di Manado. (Eva Safitri/detikcom)


"Gimana pengamanannya, lahan parkir, untuk perayaan di hari H besok apakah ada masalah?" tanya Hadi.

Salah satu pimpinan gereja, Uskup Agung Manado Rolly Untu, mengatakan tidak ada masalah selama perayaan Natal di Manado. Dia mengatakan unsur keamanan terkait, baik TNI-Polri maupun unsur masyarakat, turut membantu menjaga keamanan gereja.


"Selama ini tuh di Manado selalu lancar Natalan dan aman. Kalau di gereja Katholik, Anshor ikutan, Laskar Manguni. Mereka yang ikut serta menjaga parkiran, jalan raya, ada juga pemuda gereja," tuturnya.

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka meninjau kesiapan Natal dan tahun baru. Sebelumnya, pimpinan TNI dan Polri ini sudah mengunjungi wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur. Mereka juga melakukan kunjungan ke beberapa gereja dan pos pengamanan Natal di Kupang. (eva/aan)