Mesin Waktu

Bukan Bom, Ini Senjata Pembunuh Terbanyak di Dunia

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 23 Des 2019 10:39 WIB
Foto: Mikhail T. Kalashnikov (ka) bertemu dengan desainer senjata Amerika Serikat, Eugene M. Stoner (Wikimedia commons)
Jakarta - Tepat tanggal ini enam tahun yang lalu, Mikhail Kalashnikov, perancang senjata dari Rusia wafat. Senjata api rancangannya diberi merek mirip namanya, Kalashnikov, yang lebih dikenal singkatan AK-47. AK-47 merupakan senjata paling banyak digunakan di dunia.

Kalashnikov seorang komandan tank selama Perang Dunia II. Dia memulai karier sebagai perancang senjata setelah cedera bahu selama Pertempuran Bryansk melawan Jerman di akhir 1941.



Ketika berada di rumah sakit, perwira dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal itu mendengar tentara yang terluka mengeluh tentang reliabilitas senapan Soviet.

Sekeluar dari perawatan, dia memutuskan mengembangkan senjata baru untuk pasukan infanteri Soviet. Senjata rancangannya yang pertamanya tidak terpakai. Namun bakatnya sebagai desainer tak disia-siakan pemerintah Soviet.

Pria yang lahir pada 10 November 1919 itu lalu ditugaskan pada Pusat Pengembangan Ilmiah Lapangan Tembak untuk Senjata Api, Direktorat Kepala Artileri, angkatan bersenjata Uni Soviet.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3